Breaking News:

Marak Kekerasan Pada Anak, Cornelia Agatha Ungkap Penyebabnya, Singgung Pola Asuh

Tingginya kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terutama yang menimpa pada anak-anak, membuat aktris Cornelia Agatha, tergugah.

Editor: Willem Jonata
Warta Kota/ Angga B Nugraha
Cornelia Agatha 

Laporan Wartawam Tribunnews.com , Fauzi Alamsyah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tingginya kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terutama yang menimpa pada anak-anak, membuat aktris Cornelia Agatha, tergugah.

Pemeran karakter Sarah di film Si Doel itu, menjelaskan faktor utama penyebab terjadinya kekerasan anak dalam rumah tangga, yaitu kurangnya pendidikan tentang pola asuh anak.

"Jadi banyak orangtua yang kurang memahami bagaimana pola asuh yang baik dan benar jadi banyak banget terjadi kekerasan lalu juga pembiaran-pembiaran gitu," jelasnya kepada wartawan di Komnas Perlindungan Anak, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Senin (12/4/2021).

Baca juga: Kisah Bayi 5 Bulan Jadi Korban Kekerasan Ubah Hidup Cornelia Agatha, Geluti Bidang Hukum

Oleh karena kurang pendidikan soal pola asuh anak, membuat orangtua akhirnya mendidik anaknya dengan jalan kekerasan, dan hal itu pun dianggap lumrah.

Ilustrasi kekerasan pada anak.
Ilustrasi kekerasan pada anak. (Picture Alliance/ ZB)

Begitu juga tetangga, lanjut Cornelia, bisa saja malah membiarkan kekerasan yang menimpa anak-anak di sekitar rumahnya, bukan melapor atau bertindak untuk melindungi anak tersebut.

Dari situ, ia menganggap bahwa pendidikan pola asuh anak dalam keluarga penting agar di dalam keluarga itu tercipta hubungan yang sehat.

"Jadi memang edukasi itu penting sekali di dalam keluarga terhadap orangtua dan juga bagaimana mengedukasi membangun hubungan yang sehat di dalam keluarga, sangat penting," pungkasnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved