Virus Corona

Tiga Kiat Praktis Agar Tetap Produktif Saat Menjalani Kerja dari Rumah

Bagi sebagian orang, menjalani work from home membutuhkan sejumlah penyesuaian agar produktivitas kerja tetap terjaga

Tiga Kiat Praktis Agar Tetap Produktif Saat Menjalani Kerja dari Rumah
IST/GRID
ILUSTRASI - WORK FROM HOME 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Work from Home atau bekerja dari rumah saat ini menjadi pilihan ribuan, bahkan, jutaan orang di Indonesia sebagai upaya preventif menekan potensi penyebaran virus corona melalui kontak langsung orang ke orang di lingkungan kerja.

Di wilayah ibukota misalnya.Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sejak dini telah mengajak agar perkantoran mengatur ulang mekanisme kerja karyawannya, yang memungkinkan agar mengubah pola kerja menjadi work form home.

Bagi sebagian orang, menjalani work from home membutuhkan sejumlah penyesuaian agar produktivitas kerja tetap terjaga sesuai dengan key performance indicator (KPI) yang dituntut oleh atasan di tempatnya bekerja.

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren membagikan tiga tips agar aktivitas work from home menjadi menyenangkan dan tetap produktif selama wabah virus corona masih menggila.

1. Ciptakan suasana kantor di rumah

Djoko Tata Ibrahim menyatakan, suasana di rumah dengan suasana kantor pastinya sangat jauh berbeda.

Karena itu dibutuhkan komitmen untuk tetap fokus dan disiplin dalam mengerjakan tugas dengan segala gangguan yang ada di rumah. 

"Lakukanlah aktivitas seolah anda tetap beraktivitas ke kantor dengan menjaga kebiasaan yang selalu dilakukan saat berkantor seperti biasanya dengan mandi di waktu yang sama sewaktu masuk kantor," sarannya seperti keterangan pers tertulis kepada Tribunnews, Rabu 25 Maret 2020.

Dia menyarankan agar semua aktivitas yang dilakukan di kantor usahakan untuk tidak berubah, seperti jam masuk dan pulang kantor.

Namun, kali ini tempat melakukan aktivitas kantor yang berubah, yakni di rumah.

2. Sediakan perangkat kerja yang sesuai

Dia menyatakan, untuk mendapat hasil yang maksimal dalam aktivitas work from home seperti yang tengah diberlakukan sekarang ini, perlengkapan kerja memiliki peranan penting untuk membantu produktivitas dalam situasi seperti ini.

Baca: Bill Gates: Virus Corona Patogen yang Muncul Sekali dalam Satu Abad

"Siapkan perangkat kerja yang dibutuhkan untuk dapat membantu memudahkan pekerjaan saat melakukan work from home seperti laptop, portable hard disk serta perangkat komunikasi dan sebagainya," sarannya.

Halaman
12
Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved