Breaking News:

Startup Transporta Ramaikan Bisnis Angkutan Logistik Berbasis Digital di Industri E-Commerce

Startup Transporta menargetkan bisa merangkul 10.000 perusahaan truk bergabung di platform-nya dalam 3 tahun ke depan.

IST
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasar e-commerce Indonesia diproyeksikan tumbuh 54 persen setiap tahunnya dan nilai bisnis di segmen ini mencapai US$32 miliar di 2020 lalu.

Lonjakan pertumbuhan ini dipicu oleh pandemi Covid-19 yang memicu hampir semua sektor usaha termasuk kebiasaan konsumen yang memanfaatkan teknologi digital demi penerapan social distancing.

Tren ini juga mendorong terus lahirnya startup teknologi yang mendukung pertumbuhan bisnis e-commerce di Indonesia. Salah satu yang kini mulai ikut meramaikan bisnis transportasi berbasis truk di Indonesia adalah Transporta.

Perusahaan startup teknologi ini, memperkenalkan sistem manajemen transportasi untuk membantu perusahaan truk menghadapi perkembangan pesat di sektor e-commerce.

Startup ini membantu perusahaan trucking mengatasi berbagai tantangan, khususnya yang disebabkan oleh minimnya teknologi di bidang logistik.

COO Transporta, Emma Hartono, mengatakan, pertumbuhan sektor e-commerce mendorong permintaan logistik untuk e-commerce. Namun, teknologi untuk menjalankan perusahaan logistik masih tertinggal.

Baca juga: JNE: Pulau Jawa Kuasai 60 Persen Perputaran Paket Kiriman Ekspres

"Pengusaha truk Indonesia menghadapi keterbatasan akibat tidak adanya visibilitas pada operasi mereka - baik itu pesanan, kinerja, utilitas atau keuangan. Mereka juga berhadapan dengan komunikasi internal yang buruk serta sumber data yang tersebar dan tidak tertata," ujar Emma, Kamis (25/6/2021).

Baca juga: Startup TrawlPack Ramaikan Bisnis Jasa Kargo dan Logistik di Jabodetabek

Dia menjelaskan, startup Transporta menawarkan solusi untuk mengatasi problem tersebut lewat solusi operasional berbasis cloud yang terpusat bagi perusahaan truk dan bisnis yang terkait.

Solusi ini memberi manfaat kepada para pengusaha truk dapat memaksimalkan kecepatan operasi harian mereka dan memanfaatkan sumber daya seperti rute, ruang truk, penggunaan bensin, serta pengelompokan pengemudi secara efisien.

Baca juga: Startup Jebolan Innovating Jogja Sukses Tembus Pasar Ekspor, Siapa Saja?

Pengusaha trucking juga dapat mendorong profitabilitas dan kinerja pengiriman.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved