Blog Tribunners

Jenis Makanan yang Dianjurkan dan Dihindari bagi Penderita ISPA

Tidak hanya menimbulkan kegemukan, makanana yang berminyak juga sangat tidak di anjurkan dan harus di hindari bagi penderita ISPA.

Jenis Makanan yang Dianjurkan dan Dihindari bagi Penderita ISPA
TribunnewsBogor.com/ Ardhi Sanjaya
Ilustrasi 

TRIBUNNERS - ISPA atau Infeksi Saluran Napas Akut ini merupakan kondisi yang disebabkan oleh bakteri dan juga virus  yang menyerang pada hidung, tenggorokan atau bahkan paru-paru.

ISPA menyebabkan fungsi pernafasan menjadi terganggu. Jika tidak segera ditangani maka infeksi ini dapat menyebar ke seluruh sistem pernapasan dan menyebabkan tubuh tidak mendapatkan cukup supply oksigen.

Sehingga dalam kondisi ini bisa berakibat fatal bahkan bisa berujung kematian.

Selain dari penanganan yang tepat, mengkonsumsi makanan dengan cara memilah terlebih dulu juga dapat membantu anda untuk dapat segera sembuh. Nah berikut ini ada beberapa makanan yang harus dihindari guna mempercepat peroses kesembuhan anda :

  • Makanan Berminyak

Tidak hanya menimbulkan kegemukan, makanana yang berminyak juga sangat tidak dianjurkan dan harus dihindari bagi penderita ISPA. Hal tersebut karena minyak sangat sulit untuk larut dalam tenggorokan sehingga memicu dahak yang mengganggu pernafasan.

Makanan yang berminyak juga memiliki oksidan dan lemak jenuh yang tinggi dan tidak memiliki nilai gizi bagi tubuh, kandungan tersebut juga dapat meningkatkan produksi lendir. Lebih baik makanan yang di konsumsi di kukus saja.

  • Kacang Tanah

Kacang tanah ini tidak di anjurkan dan ada baiknya anda hindari, meskipun belum memiliki penelitian secara mendalam banyak orang yang percaya bahwa kacang sangat tidak baik bagi penderita ISPA.

  • Produk Susu

Pastinya anda heran mengapa susu harus dihindari untuk penderita ISPA, karena meskipun susu memiliki kandungan kalsium tinggi dan baik untuk tulang, ternyata susu dapat memicu terbentuknya lendir dan bernafasapun akan semakin tidak nyaman.

Selain susu, produk olahan susu seperti keju dan mayones juga harus anda hindari.

Karena susu tidak boleh untuk di konsumsi, anda dapat mengkonsumsi yoghurt yang berkhasiat, memiliki bakteri baik dan memiliki manfaat bagi tubuh.

  • Minuman Yang Mengandung Alkohol 
Halaman
1234
Penulis: tinah sutinah
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved