Tribunners / Citizen Journalism

Covid-19: Tanggung Jawab Media Versus Nilai Ekonomi

Kekuatan yang dimiliki media dalam penyebaran informasi sangat luar biasa. Semua jenis media; media cetak, media elektronik, media baru dan sosmed

Covid-19: Tanggung Jawab Media Versus Nilai Ekonomi
Kolase TribunNewsmaker- Shutterstock dan Freepik
Ilustrasi dokter dan virus corona atau Covid-19 

OLEH: Umaimah Wahid

Kekuatan yang dimiliki media dalam penyebaran informasi sangat luar biasa. Semua jenis media; media cetak, media elektronik, media baru dan sosial media mempunyai daya pengaruh besar bagi masyarakat bentuk fungsi media.

Pengaruh penetrasi dan pembentukan opini publik semakin menggurita dengan pengelolaan media sebagai industri yang dipercaya oleh seluruh manusia  diseluruh dunia. Kekuatan tersebut semakin kuat karena media dikelola atas dasar pertimbangan ekonomi, dimana kepentingan kapitalisme mendomina industri media setiap harinya.

Media saat ini bukan lagi kekuatan keempat dalam sistem demokrasi, melainkan menjelma menjadi kekuatan kedua, setelah pemerintah atau bahkan menjadi kekuatan pertama sebagai pencipta opini dan propaganda terhadap masyarakat.

Media menjelma menjadi kekuatan politik, sosial budaya, budaya dan ekonomi. Pengaruh media telah mampu menggerakkan perubahan pada masyarakat. Kekuatan media ini menjadikan media berperan dalam setiap aktivitas, termasuk bencana, seperti tsunami, gempa bumi, banjir dan pada tahun 2020 kasus epidemi wabah virus corona (covid19).

Sejak diumumkan oleh Presiden ditemukannya kasus Virus Corona di Indonesia pada Senin, 3 Maret 2020, Indonesia dihentakkan dengan munculnya Corona virus yang mematikan. Pada awal muncul dikenal dengan nama Corona virus Disease-2019 atau disingkat COVID-19.

Mengutip Worldo meters, jumlah kasus global per 22 Maret 2020 adalah 308.659. Indonesia sampai hariMinggu 22 Maret 2020 pukul 15.52 WIB terdapat 514 kasus konfirmasi dengan jumlah kematian 48 kasus dan 29 kasus sembuh. Kondisi wabah virus corona sudah sangat mengkhawatirkan karena dapat saja semakin meluas, dan memporak porandakan kehidupan normal masyarakat Indonesia dalam berbagai bidang terutama kesehatan dan ekonomi.

Media & Solidaritas Bangsa

Bagaimanapun Virus covid19 telah mewabah dan kita tidak bisa menggap remeh dan bersikap seolah-olah virus ini tidak berbahaya. Faktanya virus covid19 meluas dengan cepat menjadi epidemi yang sangat mudah menjangkiti masyarakat.

Dalam upaya penanggulangan virus ini, tentu membutuhkan kesikapan dan ketegasan pemerintah dari pusat maupun daerah. Media dapat berperan secara sungguh-sungguh sebagai medium informasi. Media tidak hanya menjalankan fungsi sebagai sumber hiburan, yang penting saat penanggulangan wabah covid-19, media harus mempunyai sikap terpuji dan luhur, yang secara bertanggung jawab mengambil peran sebagai sumber informasi, edukasi dan pengawasan. 

Halaman
1234
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved