Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Tiga Jurus Jitu Menghadapi Covid-19

Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo memperkenalkan jurus-jurus jitu menghadapi pandemi virus Corona dan Covid-19. Tiga jurus itu Iman, Aman, Imun.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Doni Monardo - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 

OLEH : EGY MASSADIAH, Staf Ahli Kepala BNPB

INILAH jurus jitu menangkal Covid-19. Dibilang baru, nyatanya tak asing di telinga. Dikatakan lama, nyatanya belum lama dirilis.

Kita simpulkan saja, ini jurus sakti, sesuatu yang memang sudah ada namun dikemas baru, lebih simpel, sederhana dan mudah dipahami. Semua tersaji dalam satu gambar.

Jurus Hadapi Covid-19
Meme berisi jurus-jurus jitu hadapi Covid-19 yang dibuat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Kalau toh Anda mendengarnya tidak terlalu asing, itu berarti Anda tergolong orang-orang yang peduli terhadap penanggulangan Covid-19.

Alkisah, seorang kolega dari Majelis Ulama Indonesia berkirim gambar Ikhtiar Melawan Covid kepada Doni Monardo.

Narasinya berupa tiga kata yang tak asing: Iman, Aman, Imun,  untuk menangkal pandemik.

Maknanya, iman adalah menjalankan syariat ibadah, doa, serta dzikir ke haribaan Allah SWT agar terlindung dari virus corona.

Aman, maknanya harus berusaha hidup aman dari paparan virus dengan menerapkan protokol kesehatan: pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan, dan cuci tangan pakai sabun. Sedangkan imun, adalah makan bernutrisi.

Doni yang merasa sreg lantas meneruskan pesan tersebut ke staf BNPB, dan meminta agar bisa dilengkapi, dengan catatan “dibuat lebih universal”.

Jadilah seperti yang sudah dibuat infografisnya. Bahwa pada unsur iman diubah menjadi “berdoa-beribadah menurut agama dan kepercayaan masing-masing”.

Halaman
1234
Editor: Setya Krisna Sumarga
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved