Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Idul Adha 2021

Berkurban Kala Pandemi untuk Pemulihan Ekonomi

Hari raya Idhul Qurban bagi peternak merupakan berkah yang datang setiap setahun sekali.

Tribunnews/Jeprima
Panitia melakukan pemotongan hewan kurban di DPP KNPI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (21/7/2021). KNPI membagikan sekitar 6.000 kantong daging kurban secara door to door untuk menghindari kerumunan saat pembagian guna mendukung program Pemerintah dalam menangani Covid-19. Daging kurban dibagikan kepada warga sekitar yang membutuhkan dan yang sedang menjalani isolasi mandiri. Tribunnews/Jeprima 

Oleh: Denny Nuryadin
Relawan Baznas dan Dosen Ekonomi Islam Universitas Prof Dr. Hamka

TRIBUNNEWS.COM -  Seiring pandemi masih berlangsung berbanding garis lurus dampak negatif bagi masyarakat akan terus menyertai di berbagai bidang kehidupan.

Ekses pandemi semakin terasa bagi masyarakat kecil dimana dalam menyambung kehidupannya bergantung pada pendapatan harian dari usaha yang mereka kerjakan sehari-hari.

Misalnya pedagang kaki lima, warung makan jalanan (lontong sayur, gado-gado dan lain-lain) dan pedagang daging hewan untuk konsumsi amat terasa terpukul selain waktu dagang mereka terbatas juga sepi akan pengunjung konsumen.

Di atas merupakan salah satu ilustrasi kesulitan ekonomi rakyat kecil yang harus dipikirkan dan dibantu bersama-sama.

Banyak cara dalam membantu mereka agar mengurangi beban kesulitan ekonomi.

Seorang muslim menyadari bahwa bagi orang yang mempunyai kelebihan rezeki maka menyerahkan hewan kurban untuk dikonsumsi ditengah-tengah msyarakat luas yang sedang mengalami kesulitan akibat dampak pandeni saat ini adalah salah satu caranya.

Baca juga: BPKH Gandeng Laznas BSMU Salurkan Hewan Kurban 1.000 Ekor Sapi ke Pelosok Negeri

Walaupun ibadah kurban bagi seorang muslim adalah ibadah sunnah, namun kala pandeni covid 19 masih berlangsung yang memberikan dampak kesulitan masif maka beribadah kurban akan menjadi ibadah sunnah yang sangat dianjurkan (sunnah muakad).

Keberkahan dan limpahan curahan pahala bagi setiap muslim bila berkurban sebagaimana hadist, "dari Zaid bin Arqam.

Ia bertanya, ”Ya Rasulullah, apakah Qurban itu?” Nabi SAW menjawab, ”Qurban adalah sunah bapak kalian, yakni Nabi Ibrahim”.

Halaman
123
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved