Awal April, Ada KRL Bekasi-Kota yang Dialihkan Lewat Stasiun Senen

KCJ akan mengubah rute KRL Bekasi-Jakarta Kota, dari yang biasanya melewati Stasiun Manggarai dialihkan ke Stasiun Pasar Senen.

Awal April, Ada KRL Bekasi-Kota yang Dialihkan Lewat Stasiun Senen
KOMPAS IMAGES
KRL Commuter 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT KRL Commuter Jabodetabek (KCJ) akan mengubah rute KRL Bekasi-Jakarta Kota, dari yang biasanya melewati Stasiun Manggarai dialihkan ke Stasiun Pasar Senen. Manajer Komunikasi PT KCJ Eva Chairunnisa mengatakan, pengalihan itu akan dimulai bulan April mendatang.

"(pengalihan ke Stasiun Pasar Senen) April, benar," kata Eva kepada Kompas.com, Senin (27/3/2017) malam.

Namun, hanya sebagian kecil perjalanan yang akan dialihkan melalui Stasiun Pasar Senen dan dilanjutkan ke Stasiun Kampung Bandan, lalu ke Stasiun Kota.

Sedangkan sebagian besar perjalanan tetap akan melewati Stasiun Manggarai. Eva menjelaskan, pengalihan rute ini untuk mengurai kepadatan di Stasiun Manggarai.

"Ini strategi untuk (kepadatan di) Stasiun Manggarai terurai. Polanya tetap relasi ke Jakarta Kota, penumpang jangan khawatir, (perubahan rute) akan diumukan di waktu pemberangkatan," kata Eva.

Meski demikian, Eva enggan menjelaskan lebih detail mengenai rencana pengalihan jalur ini. PT KCJ akan menyelenggarakan konferensi pers terkait hal ini pada Kamis (30/3/2017) mendatang.

Hingga kini, rencana realisasi perubahan rute itu masih dirapatkan. Pada Rabu (29/3/2017), rencana ini sudah final untuk disampaikan kepada publik.

"Nanti jumlah perjalanan yang akan dioperasikan sama tanggal (pelaksanaan)nya Kamis ya Mbak pas konpers, termasuk sosialisasinya," kata Eva.

Saat ini, Stasiun Manggarai sedang direnovasi dan disiapkan menjadi stasiun terintegrasi antar-moda yang modern.

Di stasiun juga tengah disiapkan sistem rel ganda yang dapat memisahkan perjalanan kereta api antar-kota dengan KRL commuter line Jabodetabek yang melayani rute di dalam kota.

Sistem rel ganda itu juga disiapkan untuk KRL menuju Bandara Soekarno-Hatta. Rencananya, kereta bandara mulai beroperasi pada 2017 ini.(Kurnia Sari Aziza)

Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved