Kamis, 28 Mei 2015
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Beginilah Cara Ternak Bibit Lele yang Menguntungkan

Jumat, 11 Juni 2010 01:34 WIB

TRIBUNNEWS.COM, MAGELANG- Menjadi pengusaha mikro atau wiraswasta mandiri tidak harus dimulai dengan modal besar dan sarana lengkap. Justru dengan kondisi yang seadanya akan menempa seseorang lebih peka dan kreatif.

Seperti yang dilakukan keluarga Alvi Zein, pasangan keluarga muda yang berani memulai usaha dengan membuat ternak bibit lele di desa  Karangsari, Tanggulrejo, Tempuran, Magelang Jawa Tengah. Ia membuat kolam untuk pembibitan lele sejak 2006 hingga kini sudah berpenghasilan lumayan.

Melalui facebook, tribunnews.com mewawancarai keluarga muda ini terkait cara pembibitan lele, penjualan, peluang, harapan dan hambatannya, Kamis (10/6) malam.

Alvi menuturkan, ada 6 kolam yang ia gunakan hanya untuk pembibitan saja, mulai dari lele layak kawin (induk) usia minimal 6 bulan dengan berat sekitar 1 kilogram per ekor. Lele induk tersebut akan bertelur setelah dikawinkan dalam suasana media kolam air bersih dan beralas ijuk.

Biasanya satu jantan akan mengawini dua betina dalam satu malam, yang kemudian waktu pagi subuh sudah bertelur sekaligus sudah dibuahi oleh pejantan.  Induk lele yang berkualitas bagus akan bertelur minimal 50 ribu bibit. Dalam hal ini keluarga Alvi berternak lele dumbo jenis phyton, sebagaimana puluhan peternak di kecamatan tersebut.

Pembibitan ini butuh waktu sekira 2-3 minggu kemudian siap dipanen. Berbeda dengan ternak lele dewasa akan membutuhkan waktu kira kira 2 bulan untuk memanennya. Jika memiliki induk lele phyton bagus maka peternak bisa panen 2-3 kali dalam sebulan.  Sekali panen, bisa mendapat income antara Rp 1 hingga Rp 2 juta per satu ekor induk.  Itulah makanya masyarakat di kecamatan Tempuran banyak yang menekuni ternak pembibitan lele hingga terkenal di Jawa Tengah.

Bibit lele phyton ini biasanya sudah dijemput oleh tengkulak ke kolam peternak. Ada beberapa jenis ukuran yang sudah difahami dan disepakati antara pembeli dan peternak bibit lele.  Jika satu induk bisa menghasilkan Rp 1-2 juta per 2 minggu,  betapa besar dengan peternak yang memiliki banyak induk  yang bisa dikawinkan dalam satu malam.

Halaman12
Editor: Iswidodo
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas