Breaking News:

PPKM Belum Berakhir, Kemenhub Tegaskan Aturan Perjalanan Tidak Berubah

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan syarat perjalanan orang dalam negeri dengan moda transportasi tidak berubah

dok Angkasa Pura II
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan syarat perjalanan orang dalam negeri dengan moda transportasi tidak berubah, menyusul diperpanjangnya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 20 September 2021.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, dengan diperpanjangnya PPKM maka syarat pelaku perjalanan di dalam negeri tidak ada perubahan dan masih sama.

"Aturan perjalanan dalam negeri masih mengacu pada Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 No 17 Tahun 2021 beserta addendum Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19," ucap Adita, Selasa (14/9/2021).

Baca juga: Simak, Ini 6 Aturan Masuk Bioskop di Wilayah PPKM Level 3 dan 2

Berikut aturan perjalanan dengan transportasi selama PPKM hingga 20 September 2021:

a. Untuk kedatangan dari Luar Jawa-Bali atau keberangkatan dari Jawa-Bali ke Luar Jawa-Bali membutuhkan syarat adanya kartu vaksin minimum dosis.

Kemudian untuk penumpang pesawat udara harus melakukan tes RT-PCR 2x24 jam dan moda lainnya tes RT-PCR 2x24 jam atau Antigen 1x24 jam.

Baca juga: Daftar Daerah yang Terancam Naik Level PPKM Bila Tak Capai Target Vaksinasi Covid-19

b. Untuk perjalanan antar kota atau kabupaten dalam Jawa-Bali wajib melakukan vaksin dosis lengkap yang dibuktikan dengan kartu vaksin.

Untuk perjalanan udara hanya perlu tes Antigen 1x24 jam. Sementara penerima vaksin dosis pertama, untuk perjalanan lewat udara wajib melakukan RT-PCR 2x24 jam.

Kemudian untuk moda transportasi lainnya seperti kereta api, bus dan kapal laut penumpang wajib menunjukkan kartu vaksin atau sudah divaksin minimum dosis satu dan tes RT-PCR 2x24 jam atau Antigen 1x24 jam.

Halaman
12
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved