Breaking News:

Gunung Semeru Erupsi

Sandiaga Uno Kerahkan Tim untuk Mengecek Desa Wisata Dekat Gunung Semeru

Sandiaga Uno menerangkan, pengecekan masih berlanjut. Tim yang dikerahkan tengah melakukan pendataan untuk memastikan kondisi pasca kejadian erupsi

Via Kompas.TV
Gunung Semeru di Jawa Timur meletus dan mengeluarkan awan panas guguran (APG) pada Sabtu (16/1/2021) sore pukul 17.24 WIB. (Sumber: BNPB). Sandiaga Uno Kerahkan Tim untuk Mengecek Desa Wisata Dekat Gunung Semeru 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengerahkan tim untuk meninjau desa-desa wisata terdampak erupsi Gunung Semeru.

Menparekraf Sandiaga Uno menerangkan, pengecekan masih berlanjut. Tim yang dikerahkan tengah melakukan pendataan untuk memastikan kondisi pasca kejadian erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Sandi menyebut beberapa bukan lalu dirinya sempat menyambangi Desa Wisata di lokasi tersebut untuk mengecek situasi perekonomian dan lapangan kerja.

"Saya melakukan cek awal fasilitas pariwisata dan belum mendapatkan laporan secara utuh oleh karena itu malam ini kami akan menurunkan tim untuk mengecek keadaan terakhir di sana," ujar Sandiaga di Jakarta, Sabtu (4/12/2021).

Menurut laporan awal yang diterimanya, sebagian desa pariwisata dalam kondisi gelap gulita. Sebagian desa lagi, ucap Sandiga, tidak dapat dikontak.

"Atas nama pemerintah, kami menyampaikan rasa prihatin dan kami memberikan doa terbaik pada saudara-saudara kita yang terdampak," imbuh Sandiaga.

Baca juga: Sejumlah Warga Masih Terjebak di Kampung Renteng Akibat Letusan Gunung Semeru, Tak Bisa Keluar Rumah

Sebelumnya, guguran material pijar Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021) sore, menimbulkan awan panas di sepanjang alur aliran lahar gunung api dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut tersebut. 

Kejadian ini menimbulkan kepanikan warga di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Dampak erupsI Gunung Semeru, Jembatan Piket Nol, di Lumajang, Jawa Timur putus.
Dampak erupsI Gunung Semeru, Jembatan Piket Nol, di Lumajang, Jawa Timur putus. (TRIBUNJATIM.COM/TONY Hermawan)

Gunung Semeru Berstatus Waspada

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved