'Dosa' Mantan Bos Nissan Jepang Carlos Ghosn Bertambah Lagi karena Dianggap Kabur Secara Ilegal

Kaburnya mantan bos Nissan Jepang, Carlos Ghosn tanggal 30 Desember 2019 akan meningkatkan dosa-dosanya karena dianggap kabur secara ilegal.

'Dosa' Mantan Bos Nissan Jepang Carlos Ghosn Bertambah Lagi karena Dianggap Kabur Secara Ilegal
Ist
Carlos Ghosn (64) mantan Chairman Nissan Motors. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kaburnya mantan bos Nissan Jepang, Carlos Ghosn (65) tanggal 30 Desember 2019 akan meningkatkan dosa pemegang 3 paspor (Perancis, Lebanon, Brasil) ini karena dianggap kabur secara ilegal.

"Jaksa penuntut umum dan polisi menilai Ghosn meninggalkan Jepang dengan cara ilegal, tampaknya ia sedang melakukan penyelidikan atas dugaan pelanggaran UU Pengendalian Imigrasi dan sebagainya," ungkap sumber Tribunnews.com, Kamis (2/1/2020).

Tanggal 31 Desember setelah dipastikan Ghosn kabur dari Jepang, Pengadilan Negeri Jepang dengan surat resminya menyita uang jaminan sekitar 14 juta dolar AS menjadi milik pemerintah Jepang karena tahanan kabur ke luar Jepang.

Carlos Ghosn (65) saat ke luar dari penjara kejaksaan, Kamis (7/3/2019)
Carlos Ghosn (65) saat ke luar dari penjara kejaksaan, Kamis (7/3/2019) (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Kini semua pihak mengusut lebih lanjut cara Ghosn kabur dari Jepang dan setelah jelas dengan bukti-bukti, otoritas Jepang akan mengumumkan resmi cara kaburnya Ghosn dari Jepang.

Permohonan resmi ke Lebanon apakah akan dilakukan atau tidak, masih dalam pertimbangan pemerintah Jepang.

Kalau pun dilakukan, diduga kuat Ghosn (yang juga warga negara Lebanon) tidak akan dikembalikan ke Jepang karena tak ada perjanjian ekstradisi antara kedua negara.

Baca: Pelajar Perempuan Sempat Melihat Mantan Bos Nissan Jepang Carlos Ghosn Sebelum Kabur ke Lebanon

Baca: Kaisar Naruhito dan Keluarga Kekaisaran Bertemu Rakyat Jepang Ucapkan Selamat Tahun Baru 2020

Bahkan Menteri Kehakiman Lebanon sudah berkomentar: "kalau mau diadili ya silakan adili di Lebanon saja kalau memang ada kesalahan Ghosn di Lebanon".

Ghosn kini masih jadi buronan internsional khususnya buronan Jepang, kabur dengan paspor lain yang tidak diketahui otoritas Jepang dan tidak dideklarasikan (disembunyikan) oleh Ghosn pula.

Tiga paspor Ghosn asli, paspor Perancis, paspor Lebanon dan paspor Brasil sampai dengan Kamis (2/1/2020) dipegang semua oleh pengacaranya asal Jepang, Shinichiro Hironaka.

Carlos Ghosn
Carlos Ghosn (Sankei)
Halaman
123
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved