Virus Corona

PM Jepang Tanggapi Status Pandemi Virus Corona, Bagaimana Nasib Olimpiade 2020?

Keputusan World Health Organization (WHO) yang menyebut mewabahnya virus corona atau Covid-19 sebagai pandemik merupakan suatu keputusan yang berat.

PM Jepang Tanggapi Status Pandemi Virus Corona, Bagaimana Nasib Olimpiade 2020?
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
PM Jepang Shinzo Abe pada jumpa pers, Kamis (12/3/2020) di Kantor PM Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menegaskan bahwa keputusan World Health Organization (WHO) yang menyebut mewabahnya virus corona atau Covid-19 sebagai pandemik merupakan suatu keputusan yang berat.

"Keputusan WHO pasti dengan mempertimbangkan dan melihat apa yang terjadi di dunia dan merupakan satu hal yang cukup berat untuk memutuskan Pandemik tentunya," kata PM Jepang Shinzo Abe dalam jumpa pers mendadak di Kantor PM Jepang, Kamis (12/3/2020).

PM Shinzo Abe juga menekankan bahwa semua hal tersebut harus diikuti dan juga antisipasi bersama segera.

WHO Peringatkan Semua Negara Agar Memprioritaskan Urusan Covid-19
WHO Peringatkan Semua Negara Agar Memprioritaskan Urusan Covid-19 (https://thewuhanvirus.com/)

"Kami ingin melakukan segala upaya untuk menentukan dan menerapkan langkah-langkah yang diperlukan dan untuk membatasi penyebaran infeksi lebih lanjut," kata Shinzo Abe.

Menanggapi pengumuman WHO, Rabu (11/3/2020) waktu Jepang, sumber Tribunnews.com mengungkapkan hal itu sangat berat sekali bagi Jepang.

Baca: Kritisi Komunikasi Pemerintah Hadapi Virus Corona, Fadli Zon Kena Tegur Najwa Shihab

Baca: Korban Teriak Ini Sebelum Tewas Ditenggelamkan Siswi SMP, Ratna: Itu Terakhir Kali Dengar Suara Anak

"Apabila sudah diumumkan Pandemik oleh badan dunia WHO, itu hal yang berat sekali dan yang namanya Pandemik tidak bisa sebulan dua bulan teratasi," kata sumber tersebut.

Oleh karena itu Jepang sangat khawatir dan kemungkinan besar Olimpiade 2020 akan diundur akibat pengumuman WHO tersebut.

"Pandemik menyangkut semua negara bukan hanya satu atau dua negara. Olimpiade juga menyangkut semua negara bukan hanya satu dua negara. Tinggal 4 bulan lagi menuju Olimpiade. Kemungkinan besar Olimpiade akan diundur dengan adanya hal ini," kata dia.

Sebagian besar anggota panitia Olimpiade 2020 kini menantikan keputusan dari PM Jepang. Mereka khawatir akan berpengaruh terhadap penyelenggaraan Olimpiade setelah WHO mengumumkan status Pandemik dunia kemarin.

Halaman
1234
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved