Breaking News:

Virus Corona

Panduan Pengisian Formulir Aplikasi Bagi WNI di Jepang untuk Mendapatkan Subsidi Rp 13,7 Juta

Masih ada lagi model formulir lain yaitu tidak ada KC yang sebenarnya lebih baik karena tidak akan membingungkan pengisi formulir subsidi 100.000 yen.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Contoh formulir subsidi 100.000 yen dari kota Matsudo Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pemberian subsidi sebesar 100.000 yen atau setara Rp 13.734 000 dari pemerintah Jepang untuk warganya ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Banyak masalah dan kesalahan terjadi di masyarakat di Jepang, termasuk kepada warga Indonesia yang ada di Jepang.

Dari banyaknya masalah tersebut Tribunnews.com berusaha membuat pedoman khususnya bagi warga Indonesia yang berada di Jepang yang bisa ikut membantu mengisi formulir subsidi 100.000 yen per kepala dengan baik agar tidak salah dan tidak lama menerima bantuan dari pemerintah Jepang tersebut.

Penelusuran Tribunnews.com menunjukkan ternyata formulir dibuat tidak dari pusat pemerintahan, tetapi dibuat oleh pemerintah daerah (kota) sendiri-sendiri sehingga banyak membingungkan masyarakat.

Baca: Mobil Kapolsek Tabrak Rumah hingga Hancur, Tewaskan Balita, Orangtua Korban: Mulutnya Bau Alkohol

Berbeda dengan yang didengungkan serta ditayangkan televisi.

Misalnya soal banyaknya kesalahan di kotak contreng (KC) yang dibuat sebelah kanan penulisan nama-nama yang akan menerima bantuan 100.000 yen tersebut.

Umumnya televisi di Jepang dan formulir yang Tribunnews.com lihat mencantumkan KC tersebut yang justru jangan diisi, jangan dicontreng.

Jika diisi kalau artinya menolak terima subsidi dan kita tidak akan menerima subsidi.

Tetapi ada pula formulir yang justru harus dicontreng "kibou suru". Kalau kita tidak contreng KC tersebut malah tidak terima subsidi.

Dari dua macam formulir itu sudah berlainan sekali.

Halaman
123
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved