Breaking News:

Mengintip Spesifikasi dan Canggihnya Pesawat Tempur Baru Jepang yang Akan Dibangun Tahun 2031

Dalam anggaran pertahanan tahun fiskal 2020, Tokyo mencantumkan angka 28 miliar yen untuk mendanai program bernama F-X.

Istimewa
Pesawat tempur TFX dari Turki yang juga akan dibangun Jepang tahun 2031 mendatang menggantikan generasi jet tempur lamanya. Dikembangkan Turkish Aerospace Industry (TAI) Harga sedikitnya 100 juta USD per unit. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Jepang akan membangun pesawat tempur baru tahun 2031 sebagai jet tempur generasi keenam dengan program bernama F-X, menggantikan 100 unit F-2, jet tempur generasi keempat bermesin tunggal.

"Rancangannya masih dirahasiakan tetapi mungkin mirip dengan pesawat tempur TFX yang dibuat Turki," ungkap sumber Tribunnews.com, Selasa (14/7/2020).

Dalam anggaran pertahanan tahun fiskal 2020, Tokyo mencantumkan angka 28 miliar yen untuk mendanai program bernama F-X.

Anggaran itu mencakup pengembangan drone yang bisa dioperasikan bersama pesawat tempur, teknologi yang juga dikembangkan di AS dan Australia.

Baca: Militer China Pamer Pesawat Tempur Siluman yang Sangat Canggih, Siap Diproduksi Massal

Baca: Jepang Siap Bikin Pesawat Tempur Siluman Generasi Keenam, Tercanggih di Dunia

F-2, yang pertama kali terbang pada 1995, bersama dengan jet tempur F-15J, menjadi andalan Jepang selama ini untuk menjaga kedaulatan udara terutama dalam menghadapi ancaman negara tetangga seperti China dan Korea Utara yang banyak mengganggu kedaulatan dan teritori Jepang akhir-akhir ini.

Menteri Pertahanan Taro Kono pada Juni lalu menekankan perlunya peningkatan kualitas armada udara Jepang.

Sementara itu harga unit TFX diperkirakan sekitar 100 juta Dolar AS.

Pengembangan teknologi TFX yang direncanakan selama empat tahun dan tahap desain pendahuluan akan menelan biaya sekitar 1,3 miliar dolar AS, diikuti oleh perkiraan tinjauan desain kritis (CDR) delapan tahun yang direncanakan dan fase prototipe dan sertifikasi sekitar 7,3 miliar dolar AS.

Pesawat tempur TFX dari Turki yang juga akan dibangun Jepang tahun 2031 mendatang menggantikan generasi jet tempur lamanya. Dikembangkan  Turkish Aerospace Industry (TAI) Harga sedikitnya 100 juta USD per unit.
Pesawat tempur TFX dari Turki yang juga akan dibangun Jepang tahun 2031 mendatang menggantikan generasi jet tempur lamanya. Dikembangkan Turkish Aerospace Industry (TAI) Harga sedikitnya 100 juta USD per unit. (Istimewa)

Kemudian menelan biaya 8,6 miliar dolar AS selama 12 tahun untuk memproduksi, menguji, mengevaluasi, dan mensertifikasi untuk total tujuh pesawat uji terbang.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved