Israel Serang Jalur Gaza

Indonesia hingga Prancis Bereaksi setelah Pasukan Israel Serang Jalur Gaza

Warga Palestina selama beberapa minggu terakhir melakukan serangkaian aksi duduk di daerah dan bagian dari Yerusalem Timur yang diduduki.

Editor: Gigih
Ahmad GHARABLI / AFP
Pasukan keamanan Israel menaiki tangga menuju masjid Kubah Batu di tengah bentrokan dengan pengunjuk rasa Palestina di kompleks masjid al-Aqsa di Yerusalem, pada 7 Mei 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - Ratusan orang terluka dan puluhan lainnya ditangkap aparat berwajib pada Senin (10/5/2021) setelah Israel menyerbu komplek Masjid Al-Aqsa.

Reaksi para pemimpin dunia mengalir untuk Palestina.

Warga Palestina selama beberapa minggu terakhir melakukan serangkaian aksi duduk di daerah dan bagian dari Yerusalem Timur yang diduduki.

Baca juga: 20 Orang Tewas Termasuk Sembilan Anak-anak Saat Israel Serang Gaza

Baca juga: Israel Terus Lancarkan Serangan Udara ke Jalur Gaza Sampai Selasa Dini Hari

Pasukan keamanan Israel dikerahkan di tengah bentrokan dengan pengunjuk rasa Palestina di kompleks masjid al-Aqsa di Yerusalem, pada 7 Mei 2021.
Pasukan keamanan Israel dikerahkan di tengah bentrokan dengan pengunjuk rasa Palestina di kompleks masjid al-Aqsa di Yerusalem, pada 7 Mei 2021. (Ahmad GHARABLI / AFP)

Mereka bersatu mengecam upaya Israel yang secara paksa mengusir penduduk di lingkungan Sheikh Jarrah untuk memberi jalan bagi permukiman Yahudi.

Menanggapi tindakan keras tersebut, Hamas, kelompok yang mengontrol Jalur Gaza, mengeluarkan ultimatum kepada Israel.

Baca juga: Presiden Jokowi Kecam Aksi Pengusiran dan Kekerasan Israel Terhadap Warga Palestina

Baca juga: Kelompok Muslim AS Kecam Aksi Kekerasan Israel terhadap Palestina

Dilansir dari Al Jazeera, berikut adalah bagaimana negara dan komunitas internasional sejauh ini bereaksi terhadap peristiwa tersebut:

Indonesia

Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan penggusuran paksa warga Palestina dari Syekh Jarrah dan penggunaan kekuatan di Masjid Al-Aqsa "tidak bisa diabaikan".

Menulis di Twitter, Widodo mengatakan: "Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan atas pelanggaran berulang yang dilakukan oleh Israel. Indonesia akan terus berdiri bersama rakyat Palestina."

Turki

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berjanji akan memobilisasi dunia untuk menghentikan "teror" Israel, melalui panggilan telepon ke para pemimpin Palestina.

Dalam seruan kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, Erdogan mengecam tindakan Israel dan memberikan dukungan.

Pemimpin Turki itu berjanji untuk "melakukan segala daya untuk memobilisasi dunia, dimulai dengan dunia Islam, untuk menghentikan teror dan pendudukan Israel", kata kantornya.

Baca juga: Jemaah Palestina Diserang Polisi Israel di Masjid Al Aqsa, Erdogan: Israel Negara Teroris yang Kejam

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membuat pernyataan saat konferensi pers menyusul rapat kabinet di Kompleks Kepresidenan di Ankara, Turki pada 26 April 2021
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membuat pernyataan saat konferensi pers menyusul rapat kabinet di Kompleks Kepresidenan di Ankara, Turki pada 26 April 2021 (AYTAC UNAL / ANADOLU AGENCY / ANADOLU AGENCY VIA AFP)

Iran

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved