Breaking News:

Astronaut China Kembali ke Bumi setelah Lakukan Misi Luar Angkasa selama 90 Hari

Tiga astronaut China kembali ke bumi setelah melakukan misi luar angkasa selama 90 hari di modul stasiun luar angkasa milik negara tersebut

GREG BAKER / AFP
File foto ini diambil pada 17 Juni 2021 menunjukkan astronot Nie Haisheng (tengah), Liu Boming (kanan) dan Tang Hongbo melambai saat upacara keberangkatan sebelum menaiki pesawat ruang angkasa Shenzhou-12 dengan roket pembawa Long March-2F di Peluncuran Satelit Jiuquan Pusat di gurun Gobi di barat laut China. 

TRIBUNNEWS.COM - Tiga astronaut China kembali ke bumi setelah melakukan misi luar angkasa selama 90 hari di modul stasiun luar angkasa milik negara tersebut, Independent melaporkan.

Astronaut Nie Haisheng, Liu Boming dan Tang Hongbo menghabiskan waktu tiga bulan di modul stasiun luar angkasa Tianhe.

Mereka tiba di Shenzhou-12 pada 17 Juni lalu.

Wilayah udara China mengeluarkan pemberitahuan penutupan pada hari Rabu, menunjukkan tiga anggota awak akan kembali antara pukul 1.14 dan 1.44 siang waktu setempat pada hari Jumat (17/9/2021).

The Global Times melaporkan kru yang telah tinggal dan bekerja di orbit selama 90 hari itu berhasil menetapkan rekor baru tinggal di luar angkasa terlama dalam satu penerbangan untuk astronot China.

Baca juga: Elon Musk Disebut Jadi Orang Terkaya di Dunia karena Jeff Bezos Sedang ke Luar Angkasa, Ini Faktanya

Baca juga: Roketnya Jatuh di Samudera Hindia, China Dituding Tak Bertanggung Jawab atas Keamanan Luar Angkasa

File foto ini diambil pada 17 Juni 2021 menunjukkan astronot Nie Haisheng (tengah), Liu Boming (kanan) dan Tang Hongbo melambai saat upacara keberangkatan sebelum menaiki pesawat ruang angkasa Shenzhou-12 dengan roket pembawa Long March-2F di Peluncuran Satelit Jiuquan Pusat di gurun Gobi di barat laut China.
File foto ini diambil pada 17 Juni 2021 menunjukkan astronot Nie Haisheng (tengah), Liu Boming (kanan) dan Tang Hongbo melambai saat upacara keberangkatan sebelum menaiki pesawat ruang angkasa Shenzhou-12 dengan roket pembawa Long March-2F di Peluncuran Satelit Jiuquan Pusat di gurun Gobi di barat laut China. (GREG BAKER / AFP)

Menyebut para kru sebagai "pahlawan luar angkasa China," laporan lokal merayakan kedatangan mereka tepat pada saat Festival Pertengahan Musim Gugur.

Festival Pertengahan Musim Gugur merupakan salah satu momen terpenting untuk reuni keluarga dalam kalender China.

China Manned Space Agency (CMSA) mengatakan pada hari Kamis bahwa kru telah menyelesaikan berbagai tugas termasuk "mentransmisikan data eksperimen kembali ke Bumi serta menyortir dan mentransfer barang yang akan tetap berada di orbit, dengan bantuan teknisi di bumi."

Pendaratan ketiga astronaut itu dilakukan di dekat Dongfeng di Gurun Gobi, di Mongolia Dalam.

Area pendaratan dekat dengan Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan tempat peluncuran misi luar angkasa manusia China, Space.com melaporkan.

Para kru berada dalam kondisi baik setelah mereka mendarat di lokasi pendaratan Dongfeng.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved