Breaking News:

Penanganan Covid

Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua Bidik Lansia, Simak Pengalaman Dokter Senior Usai Divaksin

Program vaksinasi virus corona (Covid-19) tahap kedua diprioritaskan pada petugas pelayanan publik dan kelompok masyarakat lanjut usia

SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
VAKSINASI DOSIS KEDUA - Petugas saat menyiapkan vaksinasi Covid-19 dosis dua kepada tenaga kesehatan di Puskesmas Gayungan, Minggu (14/2). Vaksinasi Covid-19 serentak untuk tenaga kesehatan (nakes) digelar serentak di seluruh Puskesmas di Surabaya. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Program vaksinasi virus corona (Covid-19) tahap kedua diprioritaskan pada petugas pelayanan publik dan kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun.

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Maxi Rein Rondonuwu mengatakan ini dilakukan karena sebelumnya pemerintah telah sukses melaksanakan program vaksinasi pada tenaga kesehatan (nakes).

Baca juga: Presiden Jokowi Minta TNI dan Polri Bantu Vaksinasi Massal di Klaster Pasar dan Zona Merah

Baca juga: Kemenkes: Tujuh Provinsi di Pulau Jawa dan Bali Jadi Prioritas Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua

Sehingga cakupan program ini pun diperluas dan membidik dua kelompok.

"Untuk mempercepat sekaligus memperluas cakupan program vaksinasi untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok, maka akan memulai vaksinasi tahap kedua ini yang diberikan kepada petugas pelayanan publik serta kelompok masyarakat usia lanjut 60 tahun ke atas," ujar Maxi, dalam agenda virtual yang digelar Kementerian Kesehatan, Senin (15/2).

Maxi menjelaskan bahwa dari sisi keamanan, vaksin Sinovac produksi perusahaan asal China ini diklaim memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan risikonya.

"Bukan hanya jumlah tenaga kesehatan yang sesuai harapan (vaksinasi), namun dari sisi keamanan terbukti bahwa memang vaksinasi lebih besar manfaatnya ketimbang risikonya," tegas Maxi.

Menurutnya, vaksin ini tidak menunjukkan efek samping yang berat terhadap mereka yang telah mendapatkan vaksinasi.

Baca juga: Dapat Vaksin Covid-19 Gratis, Crazy Rich Helena Lim Diperiksa Polisi

"Dapat kita lihat bahwa hingga saat ini hampir tidak ada efek samping yang serius atau kejadian pasca imunisasi," kata Maxi.

Secara keseluruhan, ada 38.513.446 orang yang akan memperoleh vaksinasi pada tahap kedua ini.

Rinciannya adalah 16,9 juta untuk petugas pelayanan publik yang meliputi petugas transportasi publik, petugas tiket, masinis kereta api, petugas bandara hingga supir taksi maupun ojek online.

Halaman
1234
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved