Mendikbudristek Nadiem Makarim Buka IOI ke-34: Kebanggaan Bagi Indonesia Menjadi Tuan Rumah

Mendikburistek Nadiem Anwar Makarim menganggap sebuah kehormatan bagi Indonesia karena dapat terpilih menjadi tuan rumah IOI ke-34.

Editor: Content Writer
Istimewa
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikburistek) Nadiem Anwar Makarim membuka acara International Olympiad in Informatics (IOI) atau Olimpiade Informatika Internasional di Gedung Laboratorium Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Selasa (9/8/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikburistek) Nadiem Anwar Makarim membuka acara International Olympiad in Informatics (IOI) atau Olimpiade Informatika Internasional di Gedung Laboratorium Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Selasa (9/8/2022).

IOI merupakan salah satu dari sejumlah olimpiade sains internasional yang diadakan setiap tahun di seluruh dunia.

Pada kali ini, lebih dari 350 siswa sekolah menengah setara SMK dan SMA dari 80 negara lebih bersaing dalam kompetisi yang mengasah keterampilan informatika.

Dalam sambutannya, Nadiem menganggap sebuah kehormatan bagi Indonesia karena dapat terpilih menjadi tuan rumah IOI ke-34.

"Ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan Indonesia karena kami telah mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah dari IOI, salah satu olimpiade sains tingkat dunia yang tertua dan terbesar," terang Nadiem.

Selain itu, penyelenggaraan IOI kini sudah bisa diadakan secara hybrid setelah dua tahun lamanya terpaksa digelar secara daring karena situasi pandemi Covid-19.

Perhelatan IOI juga bersamaan dengan pertemuan tingkat tinggi Group of Twenty (G20) di Indonesia. Pihaknya, pun mengajak negara anggota G20 untuk bergotong-royong memulihkan dan mentransformasi pendidikan untuk menghadapi tantangan masa depan

"Di mana Kemendikbudristek mengajak anggota negara G20 untuk bergotong royong dan mentransformasikan pendidikan. Terutama guna mempersiapkan pelajar kita menghadapi tantangan di masa depan," terang Nadiem.

International Olympiad in Informatics (IOI) Yogyakarta
International Olympiad in Informatics (IOI) ke-34 di Yogyakarta.

Kemendikbudristek, lanjut Nadiem, juga berkomitmen untuk memfasilitasi manajemen talenta pelajar di Indonesia.

Sehingga tidak hanya mendorong pelajar untuk berprestasi, mereka diharapkan juga mendapat apresiasi yang lebih luas serta terkoneksi jaringan talenta lainnya.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved