Pemprov DKI Pastikan JPM Tanah Abang Memiliki Fasilitas Sesuai Kesepakatan dengan PT KAI

Salah satu sarana yang dibangun adalah penyediaan fasilitas toilet yang akan bekerja sama dengan BUMD PD Pengelolaan Air Limbah (PAL) Jaya.

Pemprov DKI Pastikan JPM Tanah Abang Memiliki Fasilitas Sesuai Kesepakatan dengan PT KAI
Warta Kota/henry lopulalan
SUASANA KRODIT-Suasana krodit antara penjalan kaki, kendaraan dan PKL dibawah jembatan layang multiguna atau skybridge Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (13/11/2018). Pembangunan Skybridge yang belum selesai . (Warta Kota/Henry Lopulalan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui BUMD PD Pembangunan Sarana Jaya berkomitmen untuk membangun sarana fasilitas umum di Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Tanah Abang sesuai kesepakatan dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Salah satu sarana yang dibangun adalah penyediaan fasilitas toilet yang akan bekerja sama dengan BUMD PD Pengelolaan Air Limbah (PAL) Jaya.

“Saya setuju dan mendukung sekali dengan adanya penyediaan fasilitas umum seperti toilet dan mushala. Untuk penyediaan toilet dan pengelolaan air limbahnya bekerja sama dengan PD PAL Jaya. Nantinya, akan ada empat unit toilet di JPM. Saat ini sudah tahap pemasangan toilet di JPM,” ujar Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C Pinontoan, di Kantor PD Pembangungan Sarana Jaya, Jakarta Pusat, Senin (19/11/2018).

Untuk sisi keamanan, Yoory memastikan pula sudah diterapkan dengan baik, yaitu dengan memasang Closed Circuit Television (CCTV).

Baca: Kaget Bertemu Rosa Meldianti di Polda Metro Jaya, Dewi Perssik: Lebih Baik Saya Redam Emosi

Serta tersedianya petugas keamanan yang berjaga dan mengawasi keadaan sekitar JPM Tanah Abang agar berjalan kondusif.

“Untuk iuran keamanan, kebersihan, dan penerangan, setiap lapak dikenakan retribusi sebesar 500.000 rupiah per bulan yang akan disetorkan ke PD Pembangunan Sarana Jaya sebagai pengelola JPM Tanah Abang. Rencananya, ini akan diterapkan pada awal tahun 2019," jelas Yoory.

Baca: Pra-Rekontruksi Pembunuhan Satu Keluarga di Bekasi, Ada 35 Adegan yang Diperagakan Tersangka HS

Sejauh ini, progres pembangunan proyek JPM Tanah Abang, per 19 November 2018, sudah mencapai 97 Persen.

Sisa pengerjaan saat ini adalah merapikan kanstin (beton penguat tepi jalan), penyelesaian ramp (penghubung antar kedua jalan), dan pemasangan facade (sisi eksterior bangunan berada di lapisan luar).

“Saya optimis JPM Tanah Abang sudah selesai dibangun dan siap secara fisik pada tanggal 23 November 2018,” tegas Yoory.

Yoory menambahkan, berdasarkan hasil pertemuan dan diskusi, PT KAI akan melakukan simulasi pengoperasian JPM Tanah Abang yang dilaksanakan sampai dengan tanggal 30 November 2018.

Halaman
12
Penulis: Yanuar Nurcholis Majid
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved