Breaking News:

Virus Corona

Limbah APD yang Dibuang di Tenjo dan Cigudeg Berasal dari Hotel, Tempat Isolasi OTG di Tangerang 

Asal usul dari mana sampah medis APD yang dibuang di Tenjo dan Cigudeg terungkap berasal dari hotel yang jadi tempat isolasi OTG di Kota Tangerang.

Dok Camat Tenjo via KOMPAS.com
Sejumlah petugas memusnahkan limbah medis yang ditemukan di pinggir Jalan Raya Tenjo, Kampung Leuweng Gede, Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Selasa (2/2/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, CIBINONG - Satuan Reskrim Polres Bogor akhirnya merilis dua tersangka kasus pembuangan limbah atau sampah medis Alat Pelindung Diri (APD) di Kecamatan Tenjo dan Cigudeg, Kabupaten Bogor. 

Kedua pelaku yakni WD (37) dan IP (21).

Kapolres Bogor AKBP Harun mengatakan keberhasilan ini terjadi berkat gerak cepat jajaran Polres Bogor dalam menyikapi informasi temuan warga di lapangan.

“Prestasi ini berkat gerak cepat jajaran personel Sat Reskrim Polres Bogor menyikapi laporan dari masyarakat,” kata Harun di Cibinong, Rabu (10/2/2021).

Baca juga: Update Pembuangan Limbah APD di Cigudeh dan Tenjo: Otak Pelaku Diburu, Polisi Tetapkan 2 Tersangka 

Setelah menangkap dua orang pelaku, jajaran Polres Bogor juga mengungkap asal muasal sampah limbah medis yang dibuang di Tenjo dan Cigudeg, Kabupaten Bogor pada pekan lalu.

Setelah diselidiki, ratusan karung sampah medis berupa alat pelindung diri (APD) ini ternyata berasal dari wilayah Tangerang, Banten.

“Hasil penyelidikan kami dapati bahwa sampah ini berasal dari salah satu hotel yang dijadikan tempat isolasi OTG di wilayah Kota Tangerang,” kata Harun.

Hotel itu, lanjutnya, menjadi satu di antara rekanan dari Pemerintah Kota Tangerang untuk tempat isolasi pasien OTG Covid-19 sejak 29 Desember 2020.

“Kapasitas tempat isolasi ini 113 pasien dengan anggaran tiap termin 14 hari sebesar Rp 830 juta,” papar Harun.

Baca juga: Heboh Temuan 37 Karung Sampah APD di Tenjo dan Cigudeg, Bupati Bogor dan Polisi Turun Tangan

Hotel itu, kata Harun lagi, awalnya bekerja sama dengan perusahaan pengelolaan sampah medis.

Halaman
123
Editor: Theresia Felisiani
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved