BBM Bersubsidi

Harga BBM Sebentar Lagi Naik, Kombes Zulpan: Ini Tindakan Mulia Pemerintah untuk Alihkan Subsidi

Kombes Endra Zulpan mengatakan, pihaknya siap mengawal kebijakan pemerintah yang mengalihkan subsidi bahan bakar minyak (BBM) agar tepat sasaran.

Tribunnews.com/Fersianus Waku
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah akan segera menaikkan harga Bahan Bakar Minyak.

Meski belum diketahui kapan harga terbaru BBM itu akan diumumkan, Kepolisian siap mengamankan kebijakan itu agar berjalan dengan baik.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan, pihaknya siap mengawal kebijakan pemerintah yang mengalihkan subsidi bahan bakar minyak (BBM) agar tepat sasaran.

"Polda Metro Jaya siap mengawal kebijakan pemerintah dan sesuai arahan Kapolda, kami sudah melakukan langkah-langkah koordinasi baik dengan Kodam Jaya maupun Pemprov DKI Jakarta," kata Zulpan di Polda Metro Jaya, Jumat (2/9/2022).

Zulpan mengatakan, masyarakat perlu diedukasi bahwa kebijakan tersebut sebenarnya adalah pengalihan subsidi BBM merupakan hal yang penting. Sebab, situasi ekonomi global dan harga minyak dunia saat ini dalam situasi ketidakpastian.

"Pengalihan subsidi ini harus dipahami oleh masyarakat bahwa ini adalah untuk masyarakat yang terdampak kesulitan ekonomi akibat situasi global dan sebagainya," kata Zulpan.

Zulpan menambahkan, total subsidi BBM dengan nilai Rp 502 triliun perlu dialihkan oleh pemerintah dalam bentuk kebijakan lain seperti bantuan sosial.

Baca juga: Stok Makin Menipis, Sisa Kuota BBM Jenis Pertalite Kini Tak Sampai 4 Juta Kilo Liter

"Subsidi yang dilakukan pemerintah terhadap BBM yang dirasakan selama ini 89 persennya dirasakan oleh para pengusaha, sedangkan hanya 11 persen yang dirasakan oleh masyarakat umum," tuturnya.

Zulpan mengungkapkan, niat pemerintah menaikkan harga bbm adalah tindakan yang mulia. Sebab, selain menaikkan pemerintah terlebih dahulu membagikan bantuan tunai untuk mengurangi beban masyarakat atas kenaikan BBM.

"Sehingga ini adalah suatu tindakan mulia pemerintah yaitu mengalihkan subsidi BBM ini kepada bantuan sosial kepada masyarakat sehingga betul-betul langsung dirasakan oleh masyarakat," pungkas Zulpan.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved