Pemilu 2019

Menuju Representasi Politik Berkesetaraan, Perludem : Kawal Perolehan Suara Caleg Perempuan

Titi Anggraini mengatakan hal tersebut menjadi krusial dalam rangka menjaga peluang keterpilihan mereka

Menuju Representasi Politik Berkesetaraan, Perludem : Kawal Perolehan Suara Caleg Perempuan
Tribunnews.com/Rina Ayu
Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Sabtu (15/9/2018) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini menilai perlu adanya upaya untuk mengawal perolehan suara calon legislatif (caleg) perempuan.

Titi Anggraini mengatakan hal tersebut menjadi krusial dalam rangka menjaga peluang keterpilihan mereka.

Baca: Caleg Stres Gagal Raih Kursi Nekat Bakar Surat Suara Pemilu 2019 Terjadi di Beberapa Daerah Ini

"Hal bisa dilakukan untuk mengawal perolehan suara caleg perempuan, yaitu memastikan caleg perempuan memiliki informasi perolehan suaranya di daerah pemilihan masing-masing, yang bisa diperoleh antara lain dari saksi partai politik atau tim kampanye/tim sukses," ujar Titi kepada Tribunnews.com, Rabu (24/4/2019).

Perludem melihat Keterpilihan perempuan sebagai anggota legislatif (DPR, DPD, DPRD) merupakan salah satu isu strategis yang ramai dibincangkan menjelang Pemilu 2019.

Hal ini mengingat representasi politik perempuan di lembaga legislatif sejak diberlakukannya kebijakan afirmatif pada Pemilu 2004 hingga saat ini, masih rendah.

Sejatinya, representasi politik perempuan bukan sekadar meningkatkan jumlah keterpilihan caleg perempuan dalam pemilu.

Namun keterpilihan caleg perempuan sebagai anggota legislatif merupakan “pintu masuk” menuju representasi politik yang berkeadilan dan berkesetaraan.

Selain itu imbuh dia, Caleg perempuan harus ikut memantau proses rekap penghitungan suara di tiap tingkatan sehingga perolehan suaranya tidak dicurangi (hilang, dikurangi).

ILUSTRASI CALEG PEREMPUAN - Sejumlah calon legislatif (Caleg) perempuan dari berbagai partai politik mengikuti temu konstitusi di gedung PWI jalan AP Pettarani Makassar, Rabu (8/1). Kegiatan yang diselenggarakan oleh lembaga studi kebijakan publik (LSKP) ini adalah upaya lebih mengenal caleg perempuan bagi para pemilih. (Tribun Timur/muhammad abdiwan)
ILUSTRASI CALEG PEREMPUAN - Sejumlah calon legislatif (Caleg) perempuan dari berbagai partai politik mengikuti temu konstitusi di gedung PWI jalan AP Pettarani Makassar, Rabu (8/1). Kegiatan yang diselenggarakan oleh lembaga studi kebijakan publik (LSKP) ini adalah upaya lebih mengenal caleg perempuan bagi para pemilih. (Tribun Timur/muhammad abdiwan) (Tribun Timur/muhammad abdiwan/muhammad abdiwan)

Pun caleg perempuan DPRD kabupaten/kota memantau rekap mulai dari tingkat kecamatan hingga kabupaten/kota.

Halaman
123
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved