Manuver Nasdem

Pemilih Muda Akan Menjadi Trend di Pemilu 2024, NasDem Perbanyak Pengurus Muda

NasDem yang telah mematok untuk memenangkan Pemilu 2024, memperkuat jajaran kepengurusan dengan tenaga milenial.

Pemilih Muda Akan Menjadi Trend di Pemilu 2024, NasDem Perbanyak Pengurus Muda
Lusius Genik
Anggota DPP Bidang Pemenangan Partai NasDem cabang Jawa Timur, Sugeng Suprawoto, saat berbicara di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2019). 

Laporan wartawan tribunnews.com, Lusius Genik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai NasDem memprediksi trend pemilih muda dan pemula akan menjamur pada pemilu legislatif 2024 mendatang.

Menyadari poros trend baru tersebut, NasDem yang telah mematok untuk memenangkan Pemilu 2024, memperkuat jajaran kepengurusan dengan tenaga milenial.

Latifa Anshori, yang terpilih sebagai Ketua Pemilih Muda dan Milenial NasDem, mengatakan pada pemilu legislatif 2019, jumlah pemilih muda berjumlah 53% atau setara dengan Serengan pemilih yang telah terdaftar di KPU.

"Jika kita mengingat pemilu 2019 yang baru lewat, pemilih milenial berjumlah 53 persen, jumlahnya sudah setengah pemilih yang didaftarkan di KPU sehingga ini mengatakan bahwa trend di 2024 pemilih muda juga sangat tinggi," katanya saat berbicara di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2019).

Baca: Jokowi, Megawati Hingga JK Akan Hadiri HUT Ke-8 NasDem Malam Ini

"Dan ketika kita membicarakan ini, sekarang di Pemilu 2024 sudah bertambah lagi pemilih dari 5 tahun yang di bawah 17, tentu angkanya ini besar sekali," ujar Latifa memberi perkiraan.

Latifa mengatakan sangat wajar dan sangat pantas bila Nasdem benar-benar memperhatikan trend yang akan terjadi di masa depan, dimana pemilih baru akan tumbuh dan menjadi lebih banyak atau bahkan didominasi milenial ataupun generasi Z.

Merespons temuan tersebut, NasDem memutuskan untuk menjadikan anak muda sebagai motor penggerak dengan membentuk bidang Pemilih Pemula dan Milenial serta menunjuk Prananda Surya Paloh sebagai Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Legislatif yang akan digelar 2024 mendatang.

Baca: Dituding Bermanuver, NasDem Tegaskan Setia Pada Jokowi

"Maka sekarang ada ketua DPP bidang Pemilih Pemula dan Milenial yaitu saya Latifa, dan ketua Bapilu, yang karena tadi dipertanyakan mengapa ketua bidang pemenangan itu muda (Prananda Surya Paloh)? saya rasa NasDem mempercayai kapasitas dan kapabilitas tidak didasarkan oleh umur," ujarnya.

Menurutnya, memperkuat jajaran kepengurusan NasDem dengan tenaga milenial sangat diperlukan guna membangun kombinasi yang dahsyat untuk memenangkan pemilu legislatif 2024.

Baca: Ambisi Menangi Pemilu 2024, NasDem Targetkan Bangun Kepengurusan Hingga Tingkat Desa

"Jadi tentu di sini Nasdem ingin memberikan kombinasi yang pas dan tepat bahwa gabungan antara politisi-politisi senior dan juga yang masih muda itu dapat menjadi dahsyat untuk ke depannya," tandas Latifa.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved