Breaking News:

Pemulangan WNI Eks ISIS

Mahfud MD Bahas Pendapat Din Syamsudin hingga Komnas HAM Soal WNI Eks ISIS

Mahfud mengatakan hal itu menyusul persoalan pemulangan WNI eks ISIS tersebut kini telah menjadi perhatian publik.

Tribunnews/Irwan Rismawan
Menkopolhukam, Mahfud MD memberikan sambutan saat menghadiri acara zikir dan doa bersama di Masjid Agung Natuna, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (6/2/2020). Zikir dan doa bersama yang bertemakan 'Dari Natuna Selamatkan Indonesia' ditujukan untuk keselamatan dan kesehatan warga Indonesia dari wabah virus corona. Tribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan telah mendiksusikan pro kontra terkait dengan pemulangan WNI eks ISIS di Suriah bersama dengan Menteri Agama Fachrul Razi, dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dalam rapat di kantor Kemenko Polhukam Jakarta Pusat pada Selasa (11/2/2020) pagi.

Selain Fachrul dan Yasonna, Mahfud juga mengatakan dalam rapat tersebut juga hadir perwakilan dari BNPT dan Kementerian Luar Negeri.

Mahfud mengatakan sejumlah pendapat yang dibahas dalam rapat tersebut antara lain pendapat dari Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia sampai Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Mahfud mengatakan hal itu menyusul persoalan pemulangan WNI eks ISIS tersebut kini telah menjadi perhatian publik.

"Ada yang mengatakan itu tidak boleh dipulangkan karena itu virus. Ada yang mengatakan seperti Pak Din Syamsudin, Komnas HAM mengatakan itu tugas negara untuk memulangkan mereka. Tapi, ada yang mengatakan tidak bisa dong masa melindungi segelintir orang tapi mengancam 267 juta orang. Kayak begitu-begitu diskusinya tadi," kata Mahfud di kantor Kemenko Polhukam Jakarta Pusat pada Selasa (11/2/2020).

Meski pemerintah telah membuat sejumlah alternatif, ia mengatakan belum ada perkembangan lebih jauh terkait hal tersebut.

Baca: KPK Panggil Kadiv PAS Kemenkumham Jabar Terkait Kasus Suap di Lapas Sukamiskin

"Belum ada perkembangan," kata Mahfud.

Usai rapat di kantor Kemenko Polhukam, Fachrul enggan menjawab terkait dengan isi rapat yang dihadirinya tersebut.

Ketika ditanya apakah rapat tersebut tentang pemulangan WNI eks ISIS, Fachrul menyerqhkan jawaban tersebut ke Mahfud.

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved