Breaking News:

Virus Corona

Mendagri 'Tantang' Kepala Daerah Lakukan Gerakan Bagi-bagi Masker

Gerakan satu juta masker yang diinisiasi oleh Pemda Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan pecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Dok. Kemendagri
Mendagri Tito saat hadir di acara launching Gerakan Sejuta Masker yang digelar di Gedung Haji Bate di Kabupaten Gowa, Sulsel, Rabu (8/7/2020) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gerakan satu juta masker yang diinisiasi oleh Pemda Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan pecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Gerakan ini membuat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian salut.

Bahkan, Mendagri 'menantang' daerah lain untuk membuat gerakan satu juta masker bagi masyakarat di masa pandemi Covid-19 dan berjanji akan menghadiri daerah yang berhasil memecahkan rekor tersebut.

Baca: Mendagri Ajak Tokoh Agama dan Adat Dukung Pilkada Serentak 2020

"Jika ada daerah lain yang bisa pecahkan rekor MURI seperti di Gowa, saya berjanji akan hadir langsung ke daerah tersebut," ujar Tito dalam keterangannya, Selasa (8/7/2020).

Kedatangan Menteri Tito ke Gowa di sela-sela kunjungan kerjanya, usai menghadiri acara rapat persiapan Pilkada serentak di Sulsel, dan kunjungan ke Gugus Tugas Covid-19 Sulsel.

Baca: Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan, Mendagri Tawarkan Empat Strategi

Gerakan bagi-bagi satu juta masker ini menurut mantan Kapolri itu menjadi salah satu ikhtiar bersama untuk menekan penyebaran Covid.

Ia pun berharap, masyarakat disiplin menggunakan masker, karena masker salah satu senjata untuk mencegah seseorang terpapar virus.

"Kalau seandainya masyarakat memakainya berdasarkan banyak penelitian, itu kurvanya akan menurun, karena media atau cara untuk transmisi penularan itu menjadi terblok oleh adanya masker, baik itu percikan, maupun melalui objek, maupun juga melalui aerosol," ungkap Mendagri.

Baca: Tito Karnavian Minta Kepala Daerah Lakukan Gerakan Bagi-bagi Masker

"Ada masker menjadi pengingat kita, dan masker ini perlu disosialisasikan agar menjadi bagian dari kita, seperti kita menggunakan pakaian, kira-kira begitu," lanjutnya.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved