Breaking News:

Jakob Oetama Meninggal Dunia

Wantimpres Sidarto Danusubroto: ''Kompas yang Memberi Nama Bung Karno''

Almarhum meninggal dunia dengan tenang di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading pada pukul 13:05 WIB dalam usia 88 tahun.

Syahrizal Sidik
Anggota Wantimpres, Sidarto Danusubroto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sidarto Danusubroto merasa kehilangan sosok Pendiri Kompas Gramedia sekaligus Pemimpin Umum Harian Kompas Jakob Oetama.

Sidarto, yang pernah menjadi ajudan pendiri bangsa sekaligus Presiden Republik Indonesia pertama Soekarno, mengenang saat Kompas pertama kali diberi nama.

"Jadi kompas yang memberi nama Bung Karno, dengan harapan Kompas menjadi media yang ikut serta mengawal, memperkuat perjuangan untuk penegakkan NKRI," ujar Sidarto kepada Tribunnews, Rabu (9/9/2020).

Ketua MPR 2013-2014 ini, juga mengingat saat mengobrol bersama dengan Jakob Oetama. Saat itu, Presiden Joko Widodo juga berada dalam pertemuan itu (menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta).

"Kita makan berempat di Kompas," kata Sidarto.

Baca: Jakob Oetama, Sosok Sederhana yang Mengutamakan Kejujuran, Integritas, Rasa Syukur, dan Humanisme

Menurut cerita Sidarto, pertemuan itu menghasilkan suatu sejarah bangsa ini.

Di mata Sidarto, Jakob Oetama adalah sosok cerdas dan ramah terhadap siapapun.

"Dia orang yang pandangannya luas, dan juga punya integritas, orangnya humble, smart, pandangannya jauh ke depan, strategis untuk bangsa ini. Kita kehilangan tokoh media yang ikut mengawal republik ini," ucap Sidarto.

Jakob Oetama tutup usia pada Rabu, 9 September 2020.

Almarhum meninggal dunia dengan tenang di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading pada pukul 13:05 WIB dalam usia 88 tahun.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved