Breaking News:

Transformasi ASN, BerAKHLAK Jadi Komitmen Bersama Pimpinan dan Seluruh ASN

Peluncuran nilai dasar atau core values bagi aparatur sipil negara (ASN) merupakan momentum percepatan transformasi ASN.

Tribunnews.com/ Larasati Dyah Utami
MenPAN RB Tjahjo Kumolo di acara Penyampaian Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji KIPP 2021 di Jakarta, secara virtual, Kamis (29/07/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa peluncuran nilai dasar atau core values bagi aparatur sipil negara (ASN) merupakan momentum percepatan transformasi ASN.

Dengan memegang teguh nilai BerAKHLAK dalam melaksanakan tugasnya, maka ASN dapat mendorong terciptanya birokrasi yang semakin dinamis untuk mendukung pembangunan Indonesia.

Setelah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo, BerAKHLAK sebagai tujuh nilai dasar ASN ini juga mendapat dukungan dari beberapa menteri dan kepala lembaga.

Baca juga: Legislator PAN: Budaya Melayani Harus Jadi Landasan Utama ASN Dalam Bertugas

Penyampaian dukungan atas nilai BerAKHLAK ini merupakan komitmen dari pimpinan agar ASN dapat terus berakselerasi dalam menjalankan tugas melayani masyarakat Indonesia.

Seperti yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, misalnya.

Ia menyampaikan bahwa ASN merupakan profesi pengabdian yang utamanya melayani masyarakat, sehingga harus siap melayani dan bukan dilayani.

“Seluruh ASN di Indonesia harus menerapkan BerAKHLAK. Saya berharap ini tidak hanya menjadi jargon, namun menjadi nilai karakter ASN yang bisa dilihat nyata oleh masyarakat dan muncul dalam sikap, perbuatan, perkataan, dan pengabdian ASN di seluruh Indonesia,” kata Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (3/8/2021).

Dirinya juga mengatakan bahwa penjabaran dari tujuh nilai dasar tersebut haruslah diamalkan dan ditujukan bagi kemajuan negara. 

Melayani masyarakat, bertanggung jawab dalam menggunakan sumber daya yang diamanahkan oleh publik, memiliki kompetensi dalam menangani isu dan masalah bangsa, menjadi simpul kesatuan dan perekat NKRI, loyal terhadap bangsa dan negara Indonesia, beradaptasi untuk terus berkinerja dan berkolaboratif dengan semua elemen bangsa, adalah contoh dari bentuk pengamalan BerAKHLAK.

Baca juga: Ketua DPR: ASN Jangan Mempersulit yang Bisa Dipermudah dalam Layanan Birokrasi

Hadirnya nilai dasar BerAKHLAK bagi ASN, lanjutnya, menjadi budaya kerja baru yang dibangun dan diperkuat di seluruh lingkungan ASN di Indonesia. 

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved