Ditujukan untuk Pekerja, Apa Perbedaan JKP dan JHT BPJS Ketenagakerjaan?

Sama-sama ditujukan untuk pekerja, simaklah ini perbedaan JKP dan JHT BPJS Pekerjaan. Mulai dari iuran hingga manfaat uang tunainya!

Ilustrasi Parapuan Foto 2022-02-25 23:00:39 

Parapuan.co - Jika berbicara tentang program pemerintah untuk pekerja atau buruh, boleh jadi yang terlintas pertama kali ialah Jaminan Hari Tua (JHT).

Ya, JHT BPJS Ketenagakerjaan ialah salah satu program yang paling dikenal dan belakangan pun kembali menjadi perbincangan karena aturan barunya.

Menariknya, dalam waktu dekat ini pemerintah akan merilis program baru kolaborasi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan BPJS Ketenagakerjaan.

Program yang dinamakan Jaminan Kehilangan Pekerjaan atau JKP ini bahkan rencana awalnya dirilis pada Selasa, 22 Februari 2022.

Sayangnya, hingga ini peluncuran program ini ditunda dan akan dijadwalkan ulang. Lantas, hari peluncurannya pun belum ditentukan lebih lanjut.

Akan tetapi, sebagian kita boleh jadi bertanya-tanya, apa perbedaan JKP dan JHT BPJS Ketenagakerjaan yang sudah ada sekarang?

Melansir laman Kompas.com, PARAPUAN telah merangkum apa saja manfaat JKP dan JHT serta perbedaan keduanya. Yuk, simak!

Manfaat JHT

Seperti yang kita tahu, besar iuran JHT BPJS Ketenagakerjaan adalah 5,7 persen dari upah.

Baca Juga: Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan sebagai Bukan Penerima Upah

Nah, jika gaji kamu adalah Rp5 juta dikali persenan tersebut maka hasilnya Rp285 ribu, lalu dikali 24 bulan totalnya menjadi Rp 6,84 juta.

Jumlah tersebut masih ditambah dari 5 persen pengembangan selama 2 tahun yaitu Rp 355 ribu artinya total mendapat Rp 7,19 juta.

Manfaat JKP

Halaman
123
Sumber: Parapuan
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved