Ayo ke Tangerang, Saksikan Festival Cisadane 2019

Acara yang berlangsung di sungai terbesar di Banten tersebut siap diramaikan oleh beberapa jenis atraksi budaya Kota Tangerang

Ayo ke Tangerang, Saksikan Festival Cisadane 2019
Istimewa
Festival Cisadane 

TRIBUNNEWS.COM -- Agenda tahunan Festival Cisadane 2019 kembali digelar. Event yang diselenggarakan sejak 1995 ini, berlangsung pada 26 Juli-3 Agutus 2019. Pagelaran Festival Cisadane 2019 rencananya akan dibuka langsung oleh Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di bantaran Sungai Cisadane, Kota Tangerang.

Acara yang berlangsung di sungai terbesar di Banten tersebut siap diramaikan oleh beberapa jenis atraksi budaya Kota Tangerang dan perlombaan yang diyakini akan menyedot perhatian wisatawan baik domestik maupun asing.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengungkapkan, Festival Cisadane merupakan salah satu destinasi wisata yang masuk kedalam 7 wonders Banten dimana beragam kreatifitas masyarakatnya sehingga mampu menyedot perhatian wisatawan.

“Festival Cisadane sudah dikenal oleh masyarakat luas sehingga setiap tahunnya bisa dikunjungi oleh wisatawan. Ini jadi kesempatan bagi wisatawan untuk mengunjungi destinasi lainnya yang berda di sekitar Cisadane umumnya destinasi wisata yang dimiliki oleh Kota Tangerang,” jelas Eneng.

Baca: Saldo Rekeningnya Menyusut Dari Rp 190 Juta ke Rp 46 Juta, Nasabah Bank Mandiri Ini Sempat Was-was

Baca: Line Up dan Harga Tiket Masuk Jazz Gunung Bromo 2019

Baca: Kisah Samuel, Fans Disabilitas yang Rela Datang dari Cikarang Untuk Bertemu Kevin/Marcus

Baca: Foto & Video Acara Sangeet Night Tania Nadira, Digelar Mirip Film Bollywood, Tamu Berdecak Kagum!

Eneng menyebutkan, potensi yang dimiliki Sungai Cisadane sangat memungkinkan untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata internasional. Dengan sedikit penataan dan pengelolaan yang baik, lokasi sungai bisa menarik wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Festival Cisadane menjadi salah satu atraksi wisata budaya yang masuk kedalam 7 (seven) Wonders Banten. Hal ini bisa menjadi magnet wisata dalam menarik pengunjung untuk menikmati pesona Kota Tangerang yang beragam antara lain wisata tradisi dan seni budaya, taman, wisata belanja dan wisata lainnya.

“Wisata budaya yang menjadi agenda tahunan ini memberikan sekaligus meninformasikan nilai tradisi masyarakat Kota Tangerang yang dikemas menarik ke dalam event pariwisata untuk pengunjung,” katanya.

Dikatakan Eneng, Pemprov Banten siap memberi dukungan untuk membangun dan menciptakan destinasi wisata yang dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Banten.

“Menjadi kewajiban bersama dalam melestarikan tradisi dan seni budaya Banten. Festival Cisadane setiap tahunnya juga bisa mengkreasikan dan mensosialisasikan kegiatan yang dapat menjadi promosi wisata Kota Tangerang,” pungkasnya. 

Festival Cisadane 2019 akan diisi dengan rangkaian acara di antaranya lomba perahu naga, lomba perahu hias, pagelaran budaya daerah, pameran pembangunan dan gelar karya UKM, serta tampilan hiburan yang rencananya akan dimeriahkan oleh Band Nidji dan Kotak.

Sebagai informasi, Festival Cisadane yang telah berlangsung tahunan ini merupakan warisan budaya sekaligus pesta rakyat Kota Tangerang. Festival Cisadane merupakan istilah pemerintah kota untuk menyebut perayaan Peh Cun yang diadakan setiap tanggal 5 bulan 5 kalender Cina.

Dalam kalender masehi, Peh Cun jatuh setiap bulan Juni, secara harfiah Peh Cun berarti mendayung perahu.

Penulis: Rachmat Hidayat
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved