Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

The Latte Factor: Pengeluaran Kecil yang Membuat Keuangan Tekor

Terkait dengan latte factor, mari kita coba mengingat kembali, kira-kira bulan ini adakah pengeluaran yang tidak sesuai rencana?

Editor: Sri Juliati
TribunWow.com/Atri Wahyu Mukti
Ilustrasi Uang - Terkait dengan latte factor, mari kita coba mengingat kembali, kira-kira bulan ini adakah pengeluaran yang tidak sesuai rencana? 

Oleh: Ida Puspitarini W
Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto

MUNGKIN kita sudah sangat familiar dengan istilah Latte yang pastinya tidak jauh dengan dunia perkopian dan saat ini sudah menjadi life style sebagian masyarakat.

Duduk untuk ngobrol santai bersama teman-teman di sebuah kedai kopi modern ataupun cukup dengan take away untuk self reward setelah penat beraktivitas yang harapannya bisa recharge energi setelah menyeruput segarnya kopi.

Istilah latte factor dicetuskan oleh David Bach dalam bukunya "The Latte Factor".

David Bach merupakan seorang penulis buku, publik figur, motivator, dan sekaligus seorang pengusaha sukses di Amerika Serikat.

Dia mengasosiasikan pengeluaran-pengeluaran biasa yang nominalnya relatif kecil, yang bahkan tidak terpikirkan setiap bulannya, layaknya seperti kebiasaan kita jajan kopi kekinian.

Jajan yang didasarkan untuk alasan kenyamanan sampai alasan emosional yang akhirnya menjadi sebuah kebiasaan.

Terkait dengan latte factor, mari kita coba mengingat kembali, kira-kira bulan ini adakah pengeluaran yang tidak sesuai rencana?

Misal, jajan kopi, minuman Boba, atau barang diskon lainnya yang saat ini gencar dipromosikan oleh e-commerce.

Pernahkah kita coba untuk berhitung, misal satu cup kopi seharga Rp 20 ribu jika kita mengonsumsi seminggu sebanyak 3 kali, maka dalam satu minggu itu kita sudah menghabiskan uang sebesar Rp 60 ribu.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved