Tribunners / Citizen Journalism

To Be World Class University and Disruption Era

Dunia hari ini sedang menghadapi fenomena disrupsi, situasi di mana pergerakan dunia industri atau persaingan kerja tidak lagi linear.

Editor: Wahyu Aji
Istimewa
Prof. dr. Taruna Ikrar, M.Biomed, Ph.D Director of Member-at-Large IAMRA (International Association of Medical Regulatory Authorities) And Chairman of Medical Council (KKI) 

Prof. dr. Taruna Ikrar, M.Biomed, Ph.D

Director of Member-at-Large IAMRA (International Association of Medical Regulatory Authorities) And Chairman of Medical Council (KKI)

DISRUPSI DAN PERUBAHAN

Dunia hari ini sedang menghadapi fenomena disrupsi, situasi di mana pergerakan dunia industri atau persaingan kerja tidak lagi linear.

Perubahannya sangat cepat, fundamental dengan mengacak-acak pola tatanan lama untuk menciptakan tatanan baru.

Disrupsi menginisiasi lahirnya tantangan dan ancaman baru dengan strategi yang seharusnya lebih inovatif dan solutif.

Cakupan perubahannya sangat luas mulai dari sosial budaya masyarakat, dunia bisnis, perbankan, transportasi, Kesehatan, sains, teknologi, hingga pendidikan. Era ini akan menuntut kita untuk Berubah (Change) atau Punah (Extinct).

A. Disrupsi revolusi industri 4.0

Disrupsi ini dipicu berkembangnya teknologi Internet of Things (IOT), kecerdasan buatan, blockchain, robotik, dan drone. Perubahan teknologi secara eksponensial ini telah membuat dunia makin terkoneksi dengan cepat dan presisi melalui digitalisasi sehingga kehidupan sosial pun berubah nyata. Dalam konteks ekonomi dan bisnis, munculnya ekonomi digital dan perubahan arah bisnis berbasis platform ternyata berdampak pada perubahan peta kompetisi, pola perilaku konsumen, kebutuhan keahlian, dan jenis pekerjaan baru. Dunia pendidikan juga dipaksa mengubah pola pembelajaran dan orientasinya. Revolusi Industri 4.0 ini merupakan pemicu perubahan dengan kecepatan tinggi, sehingga memerlukan kecepatan langkah adaptasi, perubahan pola pikir (mindset), skill kolaborasi dan fleksibilitas.

B. Disrupsi Digitalisasi (Sosial Media, Meta, dan sejenisnya)

Halaman
1234

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved