Tribunners / Citizen Journalism

Purnawirawan di Kancah Politik, Ingat Bertolt Brecht

Diskusi pagi ini adalah salah satu alat mitigasi agar para purnawirawan tidak terjerembab dalam politik yang salah jalan.

Editor: Hasanudin Aco
Ist
Ketua Umum PP PPAD, Letjen TNI Purn Doni Monardo pada diskusi panel Pembekalan Politik Bagi Purnawirawan TNI AD di Aula Soeryadi, Gedung PPAD, Matraman, Jakarta Timur, Kamis (15/9/2022). 

TRIBUNNEWS.COM- "Purnawirawan silahkan berpolitik, itu hak konstitusi sebagai warga negara. Bagi yang berminat, salurkan melalui partai politik yang ada.”

Demikian dikemukakan Ketua Umum PP PPAD, Letjen TNI Purn Doni Monardo pada diskusi panel Pembekalan Politik Bagi Purnawirawan TNI AD.

Diskusi berlangsung di Aula Soeryadi, Gedung PPAD, Matraman, Jakarta Timur, Kamis (15/9/2022).

Dalam kesempatan itu, panitia menghadirkan tiga orang purnawirawan yang sudah terjun di politik dan berhasil menjadi wakil rakyat di DPR RI sebagai narasumber.

Mereka antara lain Letjen TNI Purn Lodewijk Paulus (Sekjen Golkar), Mayjen TNI Purn Supiadin A. S. (Nasdem), Mayjen TNI Purn TB Hasanuddin (PDIP).

Baca juga: Doni Monardo: Budaya Menjaga Alam Harus Jadi Perilaku, Bukan Sekedar Slogan

Dalam pengantarnya, Doni Monardo menegaskan yang dilarang berpolitik praktis adalah “pengurus” PPAD.

“Pengurus, sesuai AD/ART organisasi dilarang berpolitik praktis. Jadi kalau ada yang mau dan berminat terjun ke politik silakan mundur sebagai pengurus PPAD,” tegas Kepala BNPB Periode 2019–2021 itu.

Doni menyampaikan pentingnya sebagai warga negara untuk mengerti dunia politik.

Diskusi pagi ini adalah salah satu alat mitigasi agar para purnawirawan tidak terjerembab dalam politik yang salah jalan.

Lebih lanjut, Doni mengingatkan pesan Bertolt Brecht seorang dramawan terkemuka, seorang penyair Jerman yang hidup di abad ke-19 (1898-1956).

Halaman
12

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved