Ternyata Bos Nissan Carlos Ghosn Menolak Pembuatan Mobil Khusus Kaisar Jepang

Secara resmi Badan Kekaisaran Jepang meminta ke Nissan untuk mengubah desain, full model changing, ditekankan untuk mobil kaisar yang baru.

Ternyata Bos Nissan Carlos Ghosn Menolak Pembuatan Mobil Khusus Kaisar Jepang
Badan Kekaisaran Jepang
Mobil open car Toyota, khusus yang akan dipakai Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako, Minggu (10/11/2019) mulai jam 3 siang di Tokyo. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Mobil Kaisar Jepang pernah menggunakan Rolls Royce dari Inggris, juga pernah Mercedes Benz, serta mobil dari Amerika Serikat. Buatan Jepang dimulai dipakai tahun Showa 42 (1967) menggunakan Nissan.

"Namun karena berat 2,8 ton, pihak kekaisaran meminda didesain ulang dan dibuat ringan. pesanan khusus untuk mobil Kaisar Jepang," ungkap wartawan spesialis kekaisaran Jepang, Kazuo Shimizu, Sabtu (16/11/2019).

Secara resmi Badan Kekaisaran Jepang meminta ke Nissan untuk mengubah desain, full model changing, ditekankan untuk mobil kaisar yang baru.

Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako di atas mobil parade melambaikan tangan kepada masyarakat, Minggu (10/11/2019).
Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako di atas mobil parade melambaikan tangan kepada masyarakat, Minggu (10/11/2019). (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

"Saat itu Nissan dipegang bosnya Carlos Ghosn ternyata menolak permintaan Badan Kekaisaran Jepang tersebut. Akibatnya mulai tahun 2006 dipakailah Toyota Century Royal hingga kini," tambah Shimizu.

Mobil yang dipakai khusus terbuka saat parade 10 November lalu oleh Kaisar Jepang dan Permaisuri dengan panjang 5,34 meter dan lebar 1,93 meter dengan harga sekitar 80 juta yen.

Saat ini hanya ada 4 unit di dunia.

Mobil Century Royal Toyota itu dibuat sangat khusus oleh para pekerja ternama Toyota dengan pemeriksaan berulang kali karena itu adalah mobil untuk Kaisar Jepang, orang tertinggi di Jepang, titisan Dewi Matahari.

Baca: Seratusan Kerangka Manusia Ditemukan di Stadion untuk Pesta Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020

Baca: Tempat Ritual Kaisar Jepang 957 Juta Yen, Daijokyu Akan Dibuka Umum Lalu Dihancurkan

Baca: Mempekerjakan Dua Pelajar Vietnam, Lima Pimpinan Sekolah Bahasa Jepang Ditangkap Polisi

Dia bukan orang biasa. Begitulah kepercayaan umumnya orang Jepang.

Mobil khusus itu dengan tinggi tempat duduk 4 cm lebih tinggi dibandingkan mobil yang lama dan senderan kursi dengan kemiringan 25 derajat agar duduk tampak elegan dan gagah bagi Kaisar dan Permaisuri.

Mobil tersebut akan digunakan kembali untuk parade Kaisar di kuil Ise Jingu Perfektur Mie tanggal 22 dan 23 November mendatang, untuk acara "laporan" kepada Dewi Matahari Amaterasu-ōmikami bahwa semua upacara telah selesai dan terima kasih.

Daerah Akasaka di Tokyo destinasi terakhir parade sebelum memasuki rumah tinggal Kaisar dalam Parade Peringatan Kaisar Baru, Minggu (10/11/2019) dipenuhi pramuka dan pelajar sekolah (kiri) dan pasukan bela diri Jepang (SDF) kanan dengan grup musik dan pasukan resmi bersenjata laras panjang.
Daerah Akasaka di Tokyo destinasi terakhir parade sebelum memasuki rumah tinggal Kaisar dalam Parade Peringatan Kaisar Baru, Minggu (10/11/2019) dipenuhi pramuka dan pelajar sekolah (kiri) dan pasukan bela diri Jepang (SDF) kanan dengan grup musik dan pasukan resmi bersenjata laras panjang. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Biasanya acara itu menggunakan kuda. Namun Permaisuri Masako alergi kuda sehingga diganti menggunakan mobil terbuka kembali seperti parade 10 November lalu.

Itulah acara terakhir seremoni pergantian Kaisar Baru Jepang yang selesai tahun ini.

Tahun depan (2020) hanya dilakukan pengangkatan secara resmi Akishinomiya resmi menjadi Crown Prince, langsung menjadi Kaisar Jepang berikutnya apabila Kaisar Naruhito, kakaknya sekarang meninggal dunia.

Bagi penggemar Jepang dapat bergabung ke dalam grup WAG Pecinta Jepang silakan email ke: info@jepang.com

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved