Breaking News:

Penjelasan Dokter Soal Konsumsi Pil KB Bagi Ibu Menyusui dan Perempuan Punya Riwayat Sakit Berat

Pemilihan dan penggunaan metode kontrasepsi bagi ibu maupun calon ibu tentunya harus mempertimbangkan pula riwayat serta kondisi kesehatan.

Citizen Digital
Ilustrasi Pil KB. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemilihan dan penggunaan metode kontrasepsi bagi ibu maupun calon ibu tentunya harus mempertimbangkan pula riwayat serta kondisi kesehatan.

Ada catatan khusus yang perlu diperhatikan perempuan yang memiliki riwayat penyakit berat atau sedang menyusui dalam memilih metode kontrasepsi untuk menunda kehamilan.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dr Bambang Triono Cahyadi SpOG MKes mengatakan di masa pandemi ini metode kontrasepsi melalui konsumsi pil KB dianggap sebagai cara paling aman dan efektif.

Karena selain tidak perlu mendatangi fasilitas kesehatan (faskes) seperti rumah sakit, efek sampingnya pun tergolong ringan.

Namun, ia menjelaskan, pil KB yang beredar saat ini ada 2 macam.

Pertama pil kontrasepsi kombinasi yang mengandung hormon progesteron dan estrogen.

"Kalau bicara menggunakan pil kontrasepsi itu ada dua macam, yang pertama itu pil kontrasepsi kombinasi, jadi mengandung hormon progesteron dan estrogen," ujar Bambang, saat dihubungi Tribunnews, Kamis (4/2/2021).

Ibu yang sedang menyusui, kata dia, tidak disarankan untuk mengkonsumsi pil KB jenis ini untuk program penundaan kehamilan selanjutnya.

Baca juga: Pasang Alat Kontrasepsi Tapi Takut ke Rumah Sakit Saat Pandemi? Pil KB Bisa Jadi Alternatif

Hal itu karena efek dari pil ini dapat mengurangi produksi Air Susu Ibu (ASI).

Halaman
1234
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved