Pilpres 2019

Tim Hukumnya Diusir BW Karena Dokumentasikan Bukti Pemohon, KPU Bilang Sudah Izin ke Majelis

Namun, ia mengaku belum mendapatkan laporan dari dua anggota tim hukumnya terkait alasan pengusiran tersebut.

Tim Hukumnya Diusir BW Karena Dokumentasikan Bukti Pemohon, KPU Bilang Sudah Izin ke Majelis
TRIBUNNEWS/RIZAL BOMANTANA
Ketegangan juga terjadi di luar ruang sidang MK yang melibatkan Ketua Tim Hukum Prabowo-Sandi, Bambang Widjojanto (BW) dan tim hukum KPU RI, Rabu (19/6/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - KPU RI tanggapi soal insiden pengusiran terhadap dua anggota tim hukum mereka, oleh ketua tim hukum Prabowo-Sandi, Bambang Widjojanto (BW).

Padahal, Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan pihaknya sudah lebih dulu meminta izin oleh Majelis Hakim MK.

"Enggak kan tadi kita sudah minta izin ketika majelis mempersilakan," kata Arief di Gedung MK, Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2019).

Menurut Arief, Majelis Hakim mempersilakan pihak Termohon, Bawaslu maupun pihak terkait bisa ikut melihat proses penyerahan alat bukti tambahan ke kepaniteraan MK hingga pukul 12.00 WIB.

"Para pihak bukan hanya para Termohon ya, termasuk Bawaslu dan pihak terkait diberi kesempatan untuk ikut juga melihat proses dibawah," terang dia.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman (kedua kanan) menghadiri sidang sengketa hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, Selasa (18/6/2019). Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum atau Sengketa Pilpres 2019 mengagendakan pembacaan tanggapan pihak termohon dalam hal ini KPU dan pihak terkait dalam hal ini Tim Kampanye Nasional (TKN). Tribunnews/Jeprima
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman (kedua kanan) menghadiri sidang sengketa hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, Selasa (18/6/2019). Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum atau Sengketa Pilpres 2019 mengagendakan pembacaan tanggapan pihak termohon dalam hal ini KPU dan pihak terkait dalam hal ini Tim Kampanye Nasional (TKN). Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Namun, ia mengaku belum mendapatkan laporan dari dua anggota tim hukumnya terkait alasan pengusiran tersebut.

Baca: Penyuap Anggota DPR Bowo Sidik Jalani Sidang Pembacaan Dakwaan

"Kenapa diusir? Saya belum dapat laporan kalau memang ada yang diusir tadi," pungkasnya.

Di Luar Ruang Sidang, BW Sempat Usir Tim Hukum KPU

Ketegangan adu argumentasi antara pihak pemohon yakni kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan termohon yaitu KPU RI tak hanya berlangsung di dalam ruang sidang sengketa hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2019).

Ketegangan juga terjadi di luar ruang sidang MK yang melibatkan Ketua Tim Hukum Prabowo-Sandi, Bambang Widjojanto (BW) dan tim hukum KPU RI.

Halaman
12
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved