Breaking News:

Virus Corona

Satgas Covid Sebut Upaya Pemerintah Selama 6 Bulan Menekan Persebaran Corona Buahkan Hasil

Sejumlah upaya dan kebijakan Dalam 6 bulan melawan pandemi Covid-19 yang dilakukan pemerintah telah membuahkan hasil dalam menekan persebaran virus

https://covid19.go.id/
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito - Satgas Covid Sebut Upaya Pemerintah Selama 6 Bulan Menekan Persebaran Corona Buahkan Hasil 

TRIBUNNEWS.COM - Sejumlah upaya dan kebijakan dalam 6 bulan melawan pandemi Covid-19 yang dilakukan pemerintah telah membuahkan hasil dalam menekan persebaran virus yang menyerang sistem pernapasan ini.

Hasil tersebut disampaikan langsung oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito saat menjawab pertanyaan media dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Kamis (3/9/2020) lalu.

Ia memaparkan sejumlah pencapaian tersebut,  seperti mengeluarkan kebijakan sistem zonasi guna melakukan penetapan dan pengendalian wilayah. 

Zona yang dibuat merujuk pada sistem kebencanaan.

Yaitu zona merah mewakili daerah berisiko tinggi, zona oranye mewakili daerah berisiko sedang, zona kuning mewakili daerah berisiko rendah dan zona hijau mewakili daerah tidak terdampak atau tidak ada kasus.

Baca: Total Pasien Sembuh dari Corona di Dunia Hari Ini Capai 18,6 Juta, Amerika 3,5 Juta, India 3 Juta

Baca: 22 Perusahaan di Kabupaten Bekasi Laporkan Pegawainya Terpapar Corona, Ini Daftarnya

Baca: Cerita Lengkap Pasien Corona Tewas Loncat dari Lantai 13 RS, Awalnya Mau di Cek Darah

"Pemerintah juga telah menambah jumlah laboratorium testing, dari 1 menjadi lebih dari 300 laboratorium di seluruh Indonesia, dari 12 kementerian lembaga yang berbeda."

"Demikian juga rumah sakit rujukan kini telah berkembang lebih dari 800 rumah sakit baik di tingkat nasional, maupun tingkat provinsi," kata Wiku dikutip dari covid19.go.id.

Dari hasil pencapaian, persentase kasus aktif nasional cenderung menurun, dimana per Agustus 2020, sudah mencapai 23,64% dari persentase sebelumnya 91,26% pada bulan Maret 2020. 

"Pada persentase kematian pun cenderung menurun setelah mencapai puncaknya pada April 2020, yaitu 8,64%, menjadi 4,47% pada bulan Agustus," lanjutnya. 

Persentase kesembuhan nasional juga cenderung meningkat pada bulan Agustus mencapai 72,17% dari hanya 3,84% pada bulan Maret 2020. 

Halaman
12
Penulis: Endra Kurniawan
Editor: Garudea Prabawati
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved