Breaking News:

Virus Corona

CDC Amerika: Vaksin Covid-19 Aman Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menyatakan tiga vaksin Covid-19 yang ada di AS aman untuk ibu hamil dan menyusui

Editor: hasanah samhudi
MIT Technology Review
CDC juga mengatakan bahwa belum jelas apakah penyakit ini juga dapat menyerang orang dewasa pada Kamis (14/5/2020). Penyakit itu menimbulkan risiko baru bagi anak-anak. 

TRIBUNNEWS.COM – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menyatakan bahwa tiga vaksin Covid-19 yang tersedia saat ini aman dan efektif bagi mereka yang sedang hamil.

Disebutkan, hingga saat ini,  tidak ada masalah keamanan selama kehamilan telah dilaporkan dalam uji klinis vaksin atau selama delapan bulan pertama penggunaan secara luas di Amerika Serikat.

Data menunjukkan, tidak ada bukti bahwa suntikan vaksin berdampak pada kesuburan.

CDC menyebutkan bahwa vaksin Covid-19 juga tidak menyebabkan infeksi pada penerima, termasuk pada mereka yang sedang hamil atau bayinya, karena tidak satu pun dari ketiganya mengandung virus hidup.

Sebaliknya, data awal menunjukkan bahwa menerima dua dosis vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna selama kehamilan mengurangi risiko seseorang untuk terinfeksi.

Baca juga: Dokumen CDC: Varian Delta Menyebar Sama Cepat Seperti Cacar Air, Sebabkan Infeksi Lebih Parah

Baca juga: CDC AS Minta Warga Amerika yang Divaksinasi Penuh untuk Kembali Pakai Masker

Dikutip dari UPI, “Vaksinasi orang hamil membangun antibodi yang dapat melindungi bayi mereka," sebut CDC.

Berdasarkan temuan ini, CDC merekomendasikan agar semua orang berusia 12 tahun ke atas divaksinasi COVID-19.

"CDC mendorong semua orang hamil atau orang yang berpikir untuk hamil dan mereka yang menyusui untuk mendapatkan vaksinasi untuk melindungi diri mereka dari Covid-19," kata Direktur CDC Dr Rochelle Walensky dalam sebuah pernyataan.

"Vaksin aman dan efektif, dan tidak pernah lebih mendesak untuk meningkatkan vaksinasi karena kita menghadapi varian Delta yang sangat menular dan melihat hasil parah dari Covid-19 di antara orang hamil yang tidak divaksinasi," katanya.

Seperti diberikan, vaksin dua dosis dari Pfizer-BioNTech dan Moderna mendapat izin penggunaan darurat pada bulan Desember.

Baca juga: Cara Menggunakan Masker yang Benar Menurut CDC, Berikut Panduan Memakai Masker Dobel

Baca juga: CDC Tunda Terbitkan Panduan Vaksinasi Covid-19 bagi Warga AS yang Sudah Divaksin Penuh

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved