Breaking News:

Pengikut Rizieq Shihab Tewas

Soal Temuan Komnas HAM Terkait Tewasnya 4 Laskar FPI, Komisi III: Usut dan Proses Sampai Tuntas

Jazilul Fawaid mengapresiasi kerja Komnas HAM yang telah melakukan penyelidikan atas insiden tewasnya enam laskar FPI di Tol Jakarta-Cikampek.

TRIBUN/DANY PERMANA
Anggota Komisi III DPR RI Jazilul Fawaid. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Jazilul Fawaid mengapresiasi kerja Komnas HAM yang telah melakukan penyelidikan atas insiden tewasnya enam laskar FPI di Tol Jakarta-Cikampek.

Dalam kesimpulannya Komnas HAM menemukan ada indikasi pelanggaran HAM yang dilakukan Kepolisian dalam peristiwa tersebut.

Menurutnya, hasil penyelidikan Komnas HAM harus diproses sesuai prosedur hukum yang berlaku agar kebenaran dan keadilan menjadi terang benderang.

Baca juga: Soal Temuan Komnas HAM, Polri Bakal Usut Dugaan Kepemilikan Senjata Api Laskar FPI

"Usut dan proses sampai tuntas," ujar Jazilul saat dihubungi, Jakarta, Jumat (8/1/2021).

Jazilul menyebut, hasil temuan komnas HAM tersebut, sekaligus menghentikan spekulasi dan fitnah yang berkembang selama ini.

"Dari hasil Komnas HAM ditemukan extra judicial killing. Tragis, hal ini bila terjadi di NKRI sebagai negara hukum," kata Wakil Ketua MPR itu.

Diketahui Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyimpulkan ada pelanggaran HAM dengan kategori unlawfull killing dalam peristiwa tewasnya enam Laskar FPI di Tol Jakarta-Cikampek pada Senin (7/12/2020) lalu.

Komisioner Komnas HAM M Choirul Anam mengatakan bahwa terjadinya pembuntutan terhadap Rizieq Shihab oleh Polda Metro Jaya merupakan bagian dari penyelidikan kasus pelanggaran terhadap protokol kesehatan yang diduga dilakukan Rizieq.

Anam juga mengatakan terdapat pengintaian dan pembuntutan di luar petugas kepolisian.

Halaman
123
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved